Breaking News:

Masa Berlaku SKT FPI Sudah Habis, Kemendagri: Tidak Boleh Melakukan Kegiatan Apapun

Dengan demikian, FPI bukan ormas yang terdaftar di Kemendagri. SKT sebuah ormas harus diperpanjang dan hanya berlaku lima tahun.

Tribunnews/Jeprima
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab saat menyapa pendukung dan simpatisan saat tiba di sekitar markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat (10/11/2020). FPI bukan ormas yang terdaftar di Kemendagri. SKT sebuah ormas harus diperpanjang dan hanya berlaku lima tahun. 

TRIBUNJAMBI.COM - Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) sudah habis masa berlakunya pada 20 Juni 2019.

Dengan demikian, FPI bukan ormas yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). SKT sebuah ormas harus diperpanjang dan hanya berlaku lima tahun.

Baca juga: Dampak Kerumunan Habib Rizieq Shihab, 77 Orang Positif Covid-19

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen), Kemendagri, Benny Irwan, mengatakan, ormas yang tidak memiliki SKT ada konsekuensinya.

FPI itu sudah sejak beberapa tahun lalu sebenarnya sudah terdaftar di Kemendagri. Kalau tidak salah, kata dia, SKT FPI itu sudah tiga kali.

Baca juga: Wakil Presiden RI KH Maruf Amin - Habib Rizieq Shihab Mau Bertemu Empat Mata? Denny Siregar Berkicau

"Yang SKT terakhir itu masa berlakunya habis 20 Juni 2019," ungkap Benny.

Sebenarnya, kata dia, FPI sudah beritikad baik untuk memperpanjang SKT mereka. Namun, dalam prosesnya, masih ada persyaratan yg belum dipenuhi

Baca juga: Detik-detik Kendaraan Taktis Koopssus TNI Berhenti Depan Markas FPI Habib Rizieq Shihab, Ada Apa?

Awalnya ada dua persyaratan. Tapi terakhir tinggal satu persyaratan yaitu AD/ART yang belum disampaikan FPI. Karena itu belum ada, dan biasanya menyusun AD/ART itu kan saat munas.

"Jadi karena FPI tidak bisa memenuhi persyaratan itu, mereka (FPI) mengatakan 'sementara kami tidak memperpanjang dulu karena tidak mungkin memenuhi itu karena kami belum munas. Kalau kami sudah munas baru lah kita memenuhi itu'," lanjutnya.

Baca juga: VIDEO: Bukan Sosok Sembarangan, Perintah Copot Baliho Imam Besar Habib Rizieq Shihab dari Panglima

Tak boleh berkegiatan

Lebih lanjut Benny menuturkan, apabila FPI tidak memiliki SKT, seharusnya tidak boleh melakukan kegiatan apapun sebagai ormas.

Halaman
123
Editor: Sulistiono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved