Breaking News:

Protokol Kesehatan Sekolah di Jambi

Sudah Ada Zona Hijau, Siswa SMA/SMK di Jambi Tetap Belajar dari Rumah, Ini Alasannya

Belum ada satupun sekolah SMA/SMK yang melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah di hari pertama tahun ajaran baru 2020/2021.

Tribunjambi/Darwin
Aktivitas di SMPN 1 Muara Bungo ramai orang tua yang daftarkan ulang anaknya. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Meski empat daerah telah ditetapkan menjadi zona hijau Covid-19 dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun belum ada satupun sekolah SMA/SMK yang melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah di hari pertama tahun ajaran baru 2020/2021, Senin (13/7/2020).

"Hari pertama ini saya belum mendapat laporan ada sekolah yang masuk," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, kepada tribunjambi.com, Senin (13/7/2020).

Empat daerah zona hijau yang diperbolehkan menggelar kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut adalah Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin, dan Tanjabtimur.

VIDEO Protokol Kesehatan di SMP2 Tanjabbar Baru Jalan Usai Kedatangan Tim Pelangi Polres Tanjabbar

Hari Pertama Sekolah di Masa Pandemi, Begini Penampakan Siwa TK Al Azhar Jambi

Menurut Sahran, belum adanya sekolah SMA/SMK yang buka di wilayah zona hijau ini, kemungkinan berkaitan dengan kesiapan sekolah, dalam memenuhi persyarat dan penerapan standar protokol kesehatan.

Diantaranya, harus ada persetujuan dari tim gugus tugas covid Kabupaten/kota masing-masing. Selain itu harus ada persetujuan dari orang tua siswa untuk melepas anaknya belajar di kelas.

"Karena beberapa daerah ini, baru diumumkan jadi zona hijau beberapa hari lalu. Saya juga khawatir kita tetap menomorsatukan keselamatan siswa," ujarnya.

Ditanya mengenai adanya sekolah SD dan SMP yang mulai melakukan aktivitas di wilayah Kota Jambi yang notabenenya masih berstatus zona kuning. Sahran menegaskan pihaknya mentaati aturan SK bersama 4 Menteri.

"Kan jelas aturanya, yang boleh melaksanakan belajar di sekolah adalah sekolah di zona hijau, untuk di zona kuning tetap belajar daring," pungkasnya.

Pantauan tribunjambi.com, di beberapa sekolah SMA/SMK di Kota Jambi terlihat belum ada aktivitas siswa di sekolah.

Seperti di SMKN 1 Kota Jambi, meski sekolah telah dimulai hari ini, namun siswa belum ada yang hadir ke sekolah. Hari pertama tahun ajaran baru 2020/2021 ini diisi dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa kelas X secara online dari rumah.

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Temukan Penyakit Jembrana Serang Ternak di Tanjab Timur

Anggota Paskibraka Sarolangun Terancam Tak Bisa Bertugas Akibat Pandemi Covid-19

"Hari ini kita belum ada siswa yang hadir ke sekolah, karena kita kota kan masih zona kuning jadi belum diperbolehkan melakukan aktvitas belajar di sekolah," sebut Waka Kesiswaan SMK 1 Kota Jambi Hasudungan Tambunan.

Pihak SMK 1 masih menunggu perkembangan status zonasi dan intruksi dari Dinas Pendidikan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. "Jadi kita masih menerapkan belajar daring," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved