Breaking News:

Pilkades Serentak di Merangin Dipastikan Digelar Setelah Pilkada

Pemilihan Kades (Pilkades) serentak di Kabupaten Merangin bakal digelar setelah Pilkada Desember mendatang.

Penulis: Muzakkir | Editor: Teguh Suprayitno
tribunnews.com
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Pemilihan Kades (Pilkades) serentak di Kabupaten Merangin bakal digelar setelah Pilkada Desember mendatang.

Jadwal ini mundur dari rencana awal. Awalnya, Dinas PMD merencanakan Pilkades ini bakal digelar sebelum Pilkada, namun karena berbagai pertimbangan, Pilkades terpaksa ditunda setelah pilkada.

Kepala PMD Kabupaten Merangin, Andre Fransusman menyebut jika pihaknya sudah memutuskan untuk mendahulukan waktu pilkada dibandingkan Pilkades.

"Pak Bupati mintak pelaksanaan jadwal pemilihan pilkades sesudah pilkada nanti," kata Andre.

Sebelum pelaksanaan Pilkades, ada beberapa tahapan yang bakal dilalui, diantaranya sosialisasi, pemilihan calon dan sebagainya.

Penetapan Lokasi Ruas Jalan Tol Jambi-Rengat Ditarget Selesai Oktober

BREAKING NEWS Nasib 3 Mantan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Nginap Lagi di Sel KPK

Tahapan ini sudah mulai pada bulan September sebelum pemilihan gubenur, namun kalau untuk pemilihannya tetap setelah pilgub selesai dilaksanakan.

"Nantinya kami juga koordinasi dulu meminta penyesuayan waktu pada KPU, agar jadwal Pilkades tidak mengganggu Pilgub begitupun sebaliknya," jelasnya.

Di Kabupaten Merangin ada 10 desa yang akan menggelar Pilkades. Saat ini, sebagian desa tersebut masa jabatan kadesnya sudah berakhir.

Untuk mengisi kekosongan itu, saat ini sudah banyak desa yang jabatan kadesnya hanya sementara atau Pjs Kades.

Adapun 10 desa yang bakal mengikuti Pilkades serentak itu sebagai berikut. Desa Benteng Kecamatan Sungai Manau, Desa Biuku Tanjung kecamatan Bangko Barat, Desa Tunggul Bulian Kecamatan Tabir Ilir, Desa Sungai Bulian Kecamatan Tabir Timur.

Desa Bungo Tanjung, Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan, Desa Beringin Sanggul Kecamatan Tiang Pumpung, Desa Tanjung Kecamatan Margo Tabir, Desa Simpang Talang Tembago, dan Desa Kabu Kecamatan Jangkat Timur.

"Tahun ini semuanya 10 desa," kata Andre. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved