Fasha Bauat Acara di 'Kampung Narkoba', Gandeng BNN Jambi Ternyata Ini Tujuannya

Saat ini, stigma kampung narkoba di kawasan Pulau Pandan Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin berangsur menurun.

Tribunjambi/Rohmayana
Wali Kota Jambi resmikan program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) untuk meminimalisir peredaran Narkoba, bekerjasama dengan BNN Provinsi Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Saat ini, stigma kampung narkoba di kawasan Pulau Pandan Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin berangsur menurun. Ini juga sejalan dengan diluncurkannya program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) untuk meminimalisir peredaran Narkoba, yang merupakan kerja sama BNN Provinsi Jambi bersama Pemkot Jambi.

Setidaknya ada dua titik lokasi yang dijadikan tempat RBM. Yakni, di Kelurahan Legok dan Kelurahan Lingkar Selatan. Tujuan lain diluncurkannya lokasi RBM ini juga guna menghemat setimasi biaya rehabilitasi.

Sebab kata Fasha, selama ini lokasi rehabilitasi berada di luar Kota Jambi, yakni Lido. Tentunya itu membutuhkan biaya yang tak sedikit dan waktu yang cukup lama.

Status Zona Covid-19 di Provinsi Jambi Akan Diumumkan Awal Juli, Dua Daerah Ini Masuk Zona Hijau

Waspadai Kebakaran, Pemprov Jambi Naikkan Status Karhutla Jadi Siaga Darurat Senin Depan

“Dengan program RBM ini, pecandu direhabilitasi di lingkungan tempat tinggalnya. Namun dalam pengawasan yang ketat oleh Dinas Kesehatan, BNN dan relawan RBM,” sebut Syarif Fasha.

Fasha berharap RBM di Kota Jambi jumlahnya semakin bertambah. Harapannya di seluruh kelurahan terdapat RBM. Selain itu, Ia meminta agar masyarakat mendukung program RBM tersebut, karena program tersebut merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir peredaran narkoba di Kota Jambi. Di mana Kota Jambi merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi yang peredaran narkobanya cukup tinggi.

“Harapannya Kota Jambi terbebas dari peredaran narkoba,” timpalnya.

Namun Fasha pun tak menampik bahwa, telah terjadi pergeseran tempat yang dijadikan pusat pemakaian Narkoba. “Di sini (Legok,red) menurun. Tapi kita akui terjadi pergeseran, dengan adanya RBM kita harapkan juga dapat meminimalisir hal tersebut,” jelasnya.

Fasha juga berharap kepada para relawan narkoba yang beberapa waktu lalu telah ditunjuk agar tetap komit dalam memberantas narkoba.

“Jangan pula menjadi pemain yang sudah saya lantik beberapa waktu lalu. Tetap komit memberantas narkoba,” pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved