Masuk Musim Kemarau, BPBD Muarojambi Ajak Semua Instansi Bekerjasama Cegah Karhutla

BPBD Kabupaten Muarojambi lakukan pertemuan dengan TNI/Polri membahas antisipasi karhutla di musim kemarau.

Tribunjambi/Hasbi
BPBD Kabupaten Muarojambi lakukan pertemuan dengan TNI/Polri membahas antisipasi karhutla di musim kemarau. 

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI- BPBD Kabupaten Muarojambi lakukan pertemuan dengan TNI/Polri membahas antisipasi karhutla di musim kemarau.

Komandan Kodim 0415/Batanghari Letkol Infantri J Hadiyanto mengatakan dalam rangka mengantisipasi akan terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan, perlu mendirikan pos pantau di 6 titik.

"Ada enam titik pos pencegahan karhutla, personil dari masing masing instansi yang terkait, menyiapkan sarana prasarana, seperti pembuatan kanal sebagai penyiapan air," jelasnya Rabu (17/6/2020).

Ia juga minta kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam mengatasi karhutla dengan tidak membakar.

Tubuh Fatimah Ditemukan Dalam Perut Buaya Besar, Kepalanya Ditemukan Terpisah

Habiskan Rp 11 Miliar untuk Tangani Covid-19, Pemkab Merangin Kembali Anggarkan Rp 40 Miliar

DPW PAN Jambi Terapkan Aturan Ketat Saat Pengembalian Formulir, Tamu Dibatasi Hanya 10 Orang

"Saya juga minta masyarakat yang ingin membuka lahan, jangan membuka dengan cara membakar, karena bisa menimbulkan kerugian, apabila itu terjadi, bisa dinsaksi," tegasnya.

Sementara itu Kasubag Humas Polres Muarojambi Akp Amradi mengatakan bahwa beberapa waktu lalu, Polres Muarojambi telah melaksanakan upacara gelar pasukan cegah karhutla yang disampaikan oleh Kapolres Muarojambi, kepada Bhabinkamtibmas yang nantinya bekerja sama dengan Bhabinsa serta pihak camat, kades sekabupaten Muarojambi.

"Kita dari polres siap bekerjasama dengan semua pihak dalam rangka melakukan pencegahan Karhutla ini, kita harapkan musibah Karhutla tahun ini dapat di minimalisir," sebut Kasubag Humas Polres Muarojambi Akp Amradi.

Sementara Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG, Kurnia Ningsih menyampaikan potensi kemarau diperkirakan terjadi pada bulan Juni, Juli, Agustus dan September 2020.

Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi M Zakir yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan pihaknya menyambut baik adanya acara ini, dalam rangka untuk mencegah terjadinya karhutla di Kabupaten Muarojambi.

"Semua Instansi harus bekerja sama dalam mencegah karhutla ini di muarojambi ini, "tandasnya.(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabarin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved