Tak Ada Karyawan Dirumahkan Akibat Covid-19, Disnaker Batanghari Minta Perusahaan Tetap Bayar THR

Di Kabupaten Batanghari, tidak ada karyawan perusahaan yang dirumahkan atau di PHK akibat Covid-19 ini.

Tribunjambi/Fadly
Kadisnakertrans Batanghari, Syargawi 

TRIBUNJAMBI.COM, BATANGHARI - Di Kabupaten Batanghari, tidak ada karyawan perusahaan yang dirumahkan atau di PHK akibat Covid-19 ini.

Kadisnaker Kabupaten Batanghari, Syargawi mengatakan sampai dengan saat ini di Kabupaten Batanghari tidak ada yang di PHK.

"Kita bersyukur seluruh perusahaan di Batanghari tidak ada yang merumahkan atau PHK karyawannya," jelasnya Kamis (14/5/2020).

Pihaknya meminta agar perusahaan tetap memberikan THR kepada karyawan. "Karena itu adalah hak karyawan tersebut, dan kami meminta perusahaan tetap mengeluarkan THR kepada para karyawannya," ungkapnya.

Karena, sesuai dengan keputusan Mentri Keternagakerjaan. "Dan kementrian sudah mengeluarkan surat edaran pada tanggal 8 April 2020 silam, di sana jelas tertulis tiga poin kepada perusahaan untuk wajib mengeluarkan THR kepada karyawan," ungkapnya.

Lebih 20 Ribu Pelanggan Menunggak, PLN UP3 Jambi Akan Lakukan Pemutusan hingga Pembongkaran

Pendamping PKH Mendalo Laut Klarifikasi Dugaan Pemotongan Bansos

Tokoh Agama hingga Adat di Bungo Kumpul di Kabupaten, Selesaikan Konflik Bentrokan 2 Dusun di Bungo

Tiga poin tersebut yakni jika perusahaan tidak bisa membayar sekaligus, maka perusahaan dapat membayarkan thr secara bertahap, poin ke dua yakni jika perusahaan tidak dapat membayar THR pada waktu yang telah di tetapkan sesuai Undang-Undang, maka perusahaan bisa menunda membayarkan THR, poin ke tiga yakni jika perusahaan tidak bisa juga membayar THR kepada karyawannya, maka perusahaan tersebut dikenakan sanksi adimistrasi. "Dengan demikian perusahaan wajib memberikan THR," tegasnya.

Ia juga mengarankan agar perusahaan dan karyawan saling berkoordinasi untuk permasalahan THR ini. "Mereka berdua harus mempunyai kesepakatan, saling berkomunikasi kepada karyawan, dan mencari solusi untuk permasalahan THR," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Syargawi, semua perusahaan telah meminta petunjuk kepada disnaker terkait permasalahan THR.

"Kami menyarankan agar ada kesepakatan antara karyawan dan perusahaan, dan kami juga berterimakasih kepada perusahaan untuk tidak PHK dan atau merumahkan karyawannya, dan juga saya berharap kepada karyawan agar sama-sama mengerti akan kondisi saat ini," tutupnya.

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved