WFH Diperpanjang, ASN Dilarang Mudik dan Ambil Cuti Selama Pandemi Covid-19

Pemerintah secara resmi telah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik lebaran tahun 2020. Tak cuma itu, kini pemerintah juga memberlakukan pe

Tribunmadura.com
Ilustrasi PNS 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah secara resmi telah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik lebaran tahun 2020. Tak cuma itu, kini pemerintah juga memberlakukan pembatasan cuti selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Kebijakan ini berlaku sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 46/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“ASN dilarang mengajukan cuti dan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) tidak boleh memberikan cuti bagi ASN. Namun ada beberapa pengecualian,” terang Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit Kementerian PANRB Bambang Dayanto Sumarsono dalam keterangannya, Minggu (3/4/2020).

Gara-gara Lockdown Virus Corona, Istri Pertama Suaminya Ternyata Punya Istri Lagi

Pernah Kontak dengan Pasien Corona, 90 Orang Warga Muaro Panco, Kabupaten Merangin Jalani Rapid Test

Mantan Glenn Fredly Ini Minta Maaf Usai Didamprat Warganet Karena Ngomel-ngomel di Pesawat Soal PSBB

Cuti dapat diberikan kepada PNS yang berada pada situasi tertentu seperti melahirkan, cuti sakit, dan cuti karena alasan penting.

Cuti karena alasan penting diberikan bila ada anggota keluarga inti atau PNS yang bersangkutan sakit keras atau meninggal dunia. Sedangkan, untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat diberikan cuti melahirkan dan cuti sakit.

Pemberian cuti diterapkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.17/2020 ini adalah revisi dari PP No. 11/2017 mengenai Manajemen PNS dan PP No. 49/2018 mengenai Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Gegara Wabah Virus Corona, Seorang Janda di Kenya Terpaksa Memasak Batu untuk 8 Anaknya

1 Hal di Racikan Indomie yang Bikin Orang Selalu Ingin Nambah Terus, Jangan Kaget Bila Tahu

3 PDP Covid-19 Kabur dari Rumah Sakit, Jubir Covid-19 Mimika: Jangan Divonis Positif Corona Dulu

PPK instansi harus mengawasi ASN dalam pemberian cuti sekaligus memastikan ASN tidak melakukan pergerakan ke luar daerah dan/atau mudik.

Bila ada yang melanggar ketentuan ini, maka yang bersangkutan akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK.

Tindak lanjut dugaan pelanggaran disiplin, seperti menentukan kategori, penyebab, tata cara, maupun mekanisme hukuman diatur sesuai masing-masing instansi. Penjatuhan hukuman juga mempertimbangkan dampak bagi instansi, pemerintah, dan masyarakat.

“Penjatuhan hukuman disiplin bagi ASN yang bepergian keluar daerah tanpa izin maka dilihat dampaknya. Apakah untuk unit kerja apakah untuk instansi, pemerintah, ataupun masyarakat,” ujarnya.

Jennie BLACKPINK Posting 59 Foto Selfie di Atas Ranjang dan Mendadak Jadi Trending Topik Dunia

Mitos Dukhan Hujan Meteor Pertanda Kiamat di Pertengahan Ramadhan 2020, Begini Penjelasan Para Ulama

Siapa Sebenarnya Tintin? Mengapa Komik Adventures of Tintin Melegenda Sejak 1920-an

Siapa Sebenarnya Tintin? Mengapa Komik Adventures of Tintin Melegenda Sejak 1920-an

Halaman
123
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved