Berita Jambi

Warga Harus Jauh-jauh Buang Sampah, DLH Akui Kekurangan Tong Sampah dan Armada Angkut Sampah

Warga Harus Jauh-jauh Buang Sampah, DLH Akui Kekurangan Tong Sampah dan Armada Angkut Sampah

TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA
Tampak mobil bak sampah yang mengangkut sampah di lorong pipa 16 

Warga Harus Jauh-jauh Buang Sampah, DLH Akui Kekurangan Tong Sampah dan Armada Angkut Sampah

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Miftahul Jannah 

TRIBUNJAMBI.COM.JAMBI- Kota Jambi masih kekurangan banyak tong sampah untuk melayani warganya. Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, juga kekurangan armada angkut sampah.

Kasi Pengurangan Sampah, DLH Kota Jambi, Firman Ariyanto mengatakan, kekurangan tong sampah karena keterbatasan anggaran, sehingga tidak seluruh wilayah di Kota Jambi memiliki tong sampah.

"Kalau untuk persentasi 100 persen, hingga ke sudut kota saat ini belum bisa kita lakukan pembuatannya, karena keterbatasan oleh anggaran," sebutnya, Jumat (28/2/2020).

Mengolah Sampah menjadi Rupiah, Aktivitas Daur Ulang Sampah Melalui Bank Sampah

Pengakuan Subqi, Terdakwa yang Dituntut Hukuman Mati Menangis di Persidangan Pengadilan Negeri Jambi

MAYAT Dipotong-potong Halus Dibiarkan Dimakan Burung Nasar, Ritual Pemakaman Mengerikan di Tibet

Saat ini kata Firman, pihaknya sedang merencanakan membuat pioneer-pioneer di daerah pinggir, agar sampah masyarakat di daerah tersebut juga dapat terkelola.

Menurut Firman, di daerah Pall Merah terdapat beberapa warga yang membuat persatuan atau komunitas, yang dinamakan Pasrah atau Persatuan Angkutan Sampah Palmerah.

Persatuan ini merupakan persatuan mandiri untuk pembuangan sampah, yang mana mereka membeli sepeda motor untuk pembuangan sampah.

ilustrasi
ilustrasi (pixabay.com)

Selanjutnya mereka menjemput sampah dari rumah ke rumah, lalu dibuang ke Depo yang berada di daerah Pasir Putih.

"Saat ini DLH sedang dalam kajian untuk membantu persatuan tersebut, namun untuk membantu mereka mengangkut sampah, DLH masih kekurangan armada. Karena armadanya pun sudah memiliki rute masing-masing," beber Firman.

Sementara itu untuk jumlah angkutan sampah kata Firman, yang ada saat ini Dam Truk 39 unit, Ambrol 13 unit, Mobil Pikup 12 unit, dan gerobak motor 26 unit.

Ani, warga Arizona, Kelurahan Simpang III Sipin, mengatakan, kekurangan tong sampah di wilayah tempat tinggalnya membuat dirinya kesulitan untuk membuang sampah. 

"Tong sampah kurang, jadi mau buang sampah jauh," bilang Ani.

Ani berharap agar pemerintah menyediakan tong sampah di banyak tempat, agar masyarakat lebih mudah saat membuang sampah.

Warga Harus Jauh-jauh Buang Sampah, DLH Akui Kekurangan Tong Sampah dan Armada Angkut Sampah (Tribunjambi.com/Miftahul Jannah)
 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved