Berita Jambi

Wawako Maulana Minta Semua OPD Kembangkan Inovasi Menuju Smart City

Saat ini, Kota Jambi merupakan salah satu dari 25 kota se Indonesia, yang dinobatkan sebagai Smart City sejak 2017 lalu.

Wawako Maulana Minta Semua OPD Kembangkan Inovasi Menuju Smart City
Tribunjambi.com/Romayana
Wawako Maulana Minta Semua OPD Kembangkan Inovasi Menuju Smart City 

Wawako Maulana Minta Semua OPD Kembangkan Inovasi Menuju Smart City

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Saat ini, Kota Jambi merupakan salah satu dari 25 kota se Indonesia, yang dinobatkan sebagai Smart City sejak 2017 lalu.

Apalagi perkembangan Smart City di lingkungan Pemkot Jambi, sudah hampir menyentuh semua bidang.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana pun berkesempatan memaparkan progres Smart City sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, di hadapan ketua Ikatan Konsultan TI Indonesia (IKTII), Heri Sutrisno yang merupakan pendamping atau pembimbing Smart City Jambi.

“Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 ini sudah banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Jambi untuk mewujudkan Smart City, saat ini semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Jambi sudah tersentuh dengan konsep smart city,” beber Maulana, Selasa (25/2/2020).

3 Tahun Berturut-turut, Fasha Raih Penghargaan Top Leader IT dan Smart City

Objek Wisata Danau Sipin Seperti Dibiarkan, Ini Alasan Pemerintah Kota Jambi

Antisipasi Kebocoran Pajak Retribusi Pedagang, Pemkot Sungai Penuh Bakal Terapkan E-Retribusi

Lanjutnya, semua OPD di lingkungan Pemkot Jambi saat ini telah meluncurkan aplikasi atau inovasi tekhnologi untuk mendukung smart city. Aplikasi-aplikasi tersebut di antaranya Sikoja, sikesal, e-pelayanan, e-yankel, dan banyak aplikasi lainnya. Inovasi-inovasi tersebut telah bergulir dan dapat di akses oleh masyarakat.

Namun saat ini tinggal menunggu respon dari masyarakat terhadap inovasi tersebut, bagaimana pengaplikasian inovasi tersebut di tengah masyarakat. Karena tujuan dari smart city yakni untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat di berbagai bidang.

“Seperti di bidang kesehatan, pendidikan, pelayanan administrasi kependudukan, solusi lingkungan, masalah sampah, transportasi dan lain-lain,” sebut Maulana.

Menurut Maulana, capaian Kota Jambi menuju Smart City perkembangannya sudah sangat baik. Namun masih banyak target-target yang harus dicapai.

Di mana harapannya, ke depan masyarakat Kota Jambi akan sangat mudah mengakses pelayanan pemerintah melalui smart phone atau android.

Namun, kepada masyarakat juga harus dilakukan pemahaman secara simultan. Bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap tekhnologi yang dikembangkan oleh pemerintah. Sehingga tekhnologi yang dikembangkan akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan maksimal.

“Jangan sampai tekhnologinya ada, namun mayarakat tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya,” timpalnya.

Selama empat tahun ke depan, Pemkot Jambi akan terus mengenjot perkembangan Smart City tersebut dengan memberikan sejumlah target yang harus dicapai oleh OPD. Di antaranya setiap OPD dalam 1 tahun harus menciptakan minimal satu inovasi.

Sementara itu, tim evaluasi dari Kemenkominfo akan memilih secara acak OPD mana yang akan didatangi tim evaluasi.

Halaman
12
Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved