Berita Muarojambi

Bakal Jadi Kawasan Industri, Kawasan Kemingking Muarojambi, Masuk dalam RPJM Nasional

Bakal Jadi Kawasan Industri, Kawasan Kemingking Muarojambi, Masuk dalam RPJM Nasional

Bakal Jadi Kawasan Industri, Kawasan Kemingking Muarojambi, Masuk dalam RPJM Nasional
IST
Desain proyek Kawasan Strategis Ekonomi Nasional di Desa Kemingking Kabupaten Muarojambi yang akan di lakukan oleh PT Jambi Kemingking Ecopark 

Bakal Jadi Kawasan Industri, Kawasan Kemingking Muarojambi, Masuk dalam RPJM Nasional 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Kawasan Kemingking, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, masuk dalam kawasan strategi nasional dengan menjadi peruntukan kawasan industri.

Hal ini berbeda dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebelumnya yang memasukannya menjadi kawasan lahan berstatus hak guna usaha (HGU).

Ini disampaikan oleh Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kabupaten Muarojambi, Yultasmi.

Ini menyusul adanya perubahan dari Pemerintah Pusat terkait dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

RPJMD Muarojambi Alami Perubahan, Yultasmi : Tinggal di Paripurnakan

BREAKING NEWS Longsor, Tiang Listrik Bertumbangan, Hujan & Angin Kencang di Batang Asai, Sarolangun

Puluhan Wanita di Penjara Mendadak Hamil, Terkuak Fakta Mencengangkan Soal Kebutuhan Para Tahanan

"Jadi kawasan Kemingking sudah di sebut oleh Presiden Jokowi sebagai satu diantara kawasan Strategi Nasional. Berdasarkan RPJMN dan RPJMD Provinsi yang berubah jadi kita akan melakukan penyesuaian di RPJMD Kabupaten Muarojambi," ujarnya

Selain itu, dengan perubahan RPJMD Kabupaten Muarojambi, wilayah Kabupaten Muarojambi ditetapkan sebagai dua kawasan yakni Kawasan Pariwisata dan Kawasan Industri.

Menurut Yultasmi, setidaknya ada sekitar 2 ribu hektar lahan di Desa Kemingkin, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi yang akan menjadi lahan sebagai kawasan Industri Jambi Integrated City (JIC).

10.000 Hektar Lahan di Desa Kemingking Direncanakan Jadi Kawasan Strategis Ekonomi Nasional

Desa Kemingking di Lirik Pemerintah Pusat Menjadi Kawasan Strategis Ekonomi Nasional

"Kalau kita berharapnya dari Pemerintah Pusat menetapkan lebih dari itu, karena penetapan kawasan oleh pemerintah pusat, secara tidak langsung pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur Muarojambi menjadi lebih cepat," pungkasnya

Lebih lanjut disampaikan Yultasmi, Kawasan Kemingking akan dibangun menjadi kawasan Industri Jambi Integrated City (JIC), ini direncanakan akan dikelolah oleh PT Jambi Kemingking Ecopark (JKE).

Yultasmi menyebutkan bahwa PT JKE sebelumnya telah berkomunikasi untuk melakukan investasi, namun terbentur dengan RPJMD Kabupaten Muarojambi yang menyatakan kawasan Kemingking dalam RTRW yang ada, kawasan tersebut sebagai kawasan HGU.

"Tapi dengan perubahan yang ada di pusat, bahwa kawasan Kemingking sudah menjadi kawasan industri, maka kita pemerintah daerah ini akan menyesuaikan saja, dan dalam waktu dekat akan dibahas dengan pihak legislatif," ungkapnya.

Bakal Jadi Kawasan Industri, Kawasan Kemingking Muarojambi, Masuk dalam RPJM Nasional (Tribunjambi.com/Samsul Bahri)

Penulis: samsul
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved