Desa Kemingking di Lirik Pemerintah Pusat Menjadi Kawasan Strategis Ekonomi Nasional

Kawasan Strategis Ekonomi Nasional di Kabupaten Muarojambi direncanakan di Desa Kemingking, Kecamatan Taman Rajo.

Desa Kemingking di Lirik Pemerintah Pusat Menjadi Kawasan Strategis Ekonomi Nasional

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Kabupaten Muarojambi direncanakan sebagai Kawasan Strategis Ekonomi Nasional. Saat ini tengah digodok oleh pemerintah pusat. Kawasan Strategis Ekonomi Nasional tersebut direncanakan di Desa Kemingking, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Muarojambi, Budi Setiawan. Ia menyebutkan bahwa baru-baru ini Eco Park Kemingking yang akan melakukan proyek tersebut melakukan sosialisasi ke Kabupaten Muarojambi.

"Leadingnya itu kalo kementerian masih di provinsi, kemarin itu dia (red- Eco Park) baru selesai sosialisasi ke kami. Sosialisasi itu masih yang lama dia masih cerita soal lokasi," ujarnya.

Lebih lanjut Ia menyebutkan bahwa sebenarnya kewenangannya satker itu ada di Provinsi Jambi. Hal ini lantaran memang proyek Eco Park Kemingking tersebut berasal dari Proyek Kementerian.

Dua Rumah di Merangin Ludes Dilalap Si Jago Merah, Toko Pakaian Ikut Terbakar

ABK Asal Jawa Tengah, Jadi Korban Perampasan di Kota Jambi, Polisi Ringkus 2 Pelaku

Masalah Batas Wilayah Desa, Pemkab Sarolangun Kejar Program Kebijakan One Map Policy

Namun yang menjadi persoalan saat ini adalah lokasi dari perencanaan Kawasan Startegis Ekonomi Nasional tersebut masih ada lahan Hak Guna Usaha dalam bidang kelapa sawit. Sementara HGU dari perusahaan kelapa sawit tersebut sudah sesuai dengan tata ruang Pemerintah Kabupaten Muarojambi.

"Tapi prinsipnya kemarin kami dengan pak sekda yang langsung mimpin rapat pada saat pertemuan (red- dengan Eco Park Kemingking) kami ya terbuka tapi karena itu kewemangan pusat, kami nanti menyesuaikan," jelasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved