Advetorial

Guna Mencegah Praktek Pungli di Sekolah, Polda Jambi Adakan Rapat Koordinasi

Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi dengan Kepala Sekolah SMP se-Kota Jambi.

Guna Mencegah Praktek Pungli di Sekolah, Polda Jambi Adakan Rapat Koordinasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi dengan Kepala Sekolah SMP se-Kota Jambi. Rapat tersebut di laksanakan guna melakukan pencegahan praktek pungutan liar di dunia pendidikan di Kota Jambi,  Kamis (21/11/19) pagi.

Rakor Satgas pungli untuk pencegahan pungli pada sektor pelayanan publik sektor bidang pendidikan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Jambi, dihadri langsung oleh Direktur Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Thein Tabero selaku Kapokja Penindakan unit pemberantasan pungli Provinsi Jambi.

Dalam rapat bertempat di ruang pola kantor Inspektorat Provinsi Jambi, juga dihadiri pihak perwakilan dinas pendidikan Kota Jambi, dan kepala sekolah SMP se-Kota Jambi serta Ombusman Jambi.

Tanjabim Juara Umum MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Jambi, Kabupaten Bungo Jauh Tertinggal

12 Klub Sepak Bola di Kota Jambi Berebut Piala Askot 2019

Ribut Izin Kandang Ayam, Anggota DPRD Kumpulkan Bukti untuk Laporkan DMPTSP Muarojambi ke Polisi

Dalam arahannya Kapokja Penindakan Unit Pemberatasan Pungli Provinsi Jambi mengungkapkan, dengan adanya Rakor Satgas Pungli yang menyasar sektor pelayanan publik bidang pendidikan tingkat sekolah menengah pertama se Kota Jambi tersebut, ia berharap dunia pendidikan tingkat SMP tetap bersih dari praktek pungli.

Ia juga menegaskan kepada peserta Rakor jika terdapat sumbangan dan pungutan di sekolah agar tidak mengikat yang dapat  membebani orang tua siswa. "Tidak hanya itu peran orang tua harus bisa membedakan yang dimaksud dengan sumbangan atau pungutan liar dari pihak sekolah," jelasnya.

Kami mengharapkan tidak ada pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah kedepannya. "Memang sejauh ini belum ada laporan adanya pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah dan semoga kedepan tetap bersih dari praktek pungli,” katanya.

Dalam rakor tersebut, juga dilakukan diskusi tentang peraturan dan pemahaman tentang pendanaan pendidikan serta peran serta komite sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di setiap sekolah, tidak hanya itu kegiatan juga diisi dengan pemaparan dari pihak Ombusman Jambi terkait laporan pungli dengan menghadirikan sejumlah narasumber dari pihak dinas pendidikan, ombusman, dan kelompok ahli.

Sebagai upaya pencegahan terjadinya pungutan liar. Satgas Pungli Provinsi Jambi, telah membuat posko untuk pengaduan terkait pelaku pungli yang ada di Provinsi Jambi yang berlokasi di kawasan komplek Kantor Gubernur Jambi Telanaipura Kota Jambi.
 

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved