Berita Sungaipenuh

Ada 7 Ribu Koleksi Benda Antik, Rumah Budaya Akan Dibangun di Kediaman Almarhum Iskandar Zakaria

Ada 7 Ribu Koleksi Benda Antik, Rumah Budaya Akan Dibangun di Kediaman Almarhum Iskandar Zakaria, di Sungaipenuh

IST
Iskandar Zakaria, budayawan Jambi dari Kerinci, semasa masih hidup 

Ada 7 Ribu Koleksi Benda Antik, Rumah Budaya Akan Dibangun di Kediaman Almarhum Iskandar Zakaria, Sungaipenuh

TRIBUNJAMBI.COM,SUNGAIPENUH - Sepeninggal Almarhum Iskandar Zakaria, saat ini koleksi benda - benda bersejarah milik almarhum dirawat oleh anak – anaknya.

Rencananya di kediaman rumah almarhum, akan dibangun rumah budaya untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh.

Diketahiui, almarhum Iskandar Zakaria semasa hidupnya dikenal sebagai seorang pengoleksi benda cagar budaya. Ia juga seorang budayawan yang aktif melestarikan tradisi dan budaya kepada generasi muda.

Budayawan Jambi Iskandar Zakaria Tutup Usia, Ini Deretan Penghargaan yang Diperolehnya

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB

Pembangunan SMA Titian Teras Muaro Bungo Ditarget Selesai Sebelum Tahun Ajaran Baru 2020

Ada sekitar 7 ribu koleksi benda antik yang telah dikumpulkan almarhum semasa hidupnya. Benda-benda antik tersebut saat ini disimpan dikediamannya di Dusun Baru, Kota Sungai Penuh sebagai koleksi pribadi.

Bahkan kementrian pendidikan dan kebudayaan balai pelestarian cagar budaya telah menjadikan koleksi almarhum Iskandar Zakariya sebagai koleksi cagar budaya yang dilindungi undang-undang.

Sepeninggal almarhum Iskandar Zakariya, saat ini koleksi benda-benda antik bersejarah milik almarhum dirawat oleh anak-anaknya.

Terungkap Pesawat Batik Air Mendarat Darurat di Kupang, Ini yang Terjadi ke Pilot Sebelum Mendarat

PERINGATAN NASA, Asteroid Berkekuatan 15 Kali Bom Hiroshima Hantam Bumi pada 2022: Prediksi Kiamat

PETANI Kopi di Lahat Tewas Mengenaskan Diterkam Macan Tutul, BKSDA Sumsel Selidiki Penyebabnya

Anak pertama almarhum Iskandar Zakariya, Meizatety Qadarsih mengatakan, ada banyak keinginan almarhum yang belum sempat terwujud dalam hal melestarikan tradisi dan budaya.

Untuk itu ia dan adik-adiknya akan melanjutkan perjuangan almarhum dalam melestarikan tradisi dan budaya serta merawat koleksi benda cagar budaya milik almarhum.

“Perhatian dari pemerintah kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci masih sangat minim. Tapi kami tetap merawat benda-benda antik bersejarah. Kami berencana membangun rumah budaya Iskandar Zakariya dikediaman almarhum,” ungkapnya.

Rumah budaya yang akan dibangun nantinya sebutnya, akan digunakan untuk melestarikan tradisi dan budaya. Seperti melatih seni tari, seni musik, batik tradisional, tempat belajar aksara incung dan berbagai kegiatan seni lainnya.

“Saat ini masih banyak orang yang berkunjung ke rumah kami (almarhum Iskandar Zakariya) ada yang melakukan penelitian, belajar sejarah melalui koleksi benda antik dan bersejarah dan keperluan lainnya,” pungkasnya.

Ada 7 Ribu Koleksi Benda Antik, Rumah Budaya Akan Dibangun di Kediaman Almarhum Iskandar Zakaria (Heru Pitra/Tribunjambi.com)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved