ADV

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB
IST
ITB Nobatkan Kota Jambi Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus 

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB

TRIBUNJAMBI.COM, BANDUNG - Tak henti untuk terus berprestasi, Kota Jambi kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional dengan meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 untuk Kategori Kota Sedang.

Kali ini, penghargaan dibidang Teknologi Informasi dan implementasi Kota Pintar (Smart City) tersebut, diberikan oleh kampus ternama Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bekerjasama dengan BPPT dan Kemenkominfo Republik Indonesia.

Bertempat di Aula ITB, Senin pagi (18/11), penghargaan prestisius tersebut diserahkan langsung oleh Rektor ITB, Kadarsah Suryadi. Mewakili Wali Kota Jambi menerima penghargaan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Kota Jambi, Drs. Nirwan, ME.

Membanggakan, Yuliana Fasha Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019

Dukcapil Kota Jambi Buka Posko Pengaduan untuk Pendaftaran CPNS

Tingkatkan SDM, Pemkot Jambi Lanjutkan MoU dan MOA dengan Universitas Jambi

TARUHAN Keselamatan Pak Harto adalah Lehermu! Tegas Benny Moerdani ke Luhut Panjaitan Suatu Ketika

Penghargaan itu merupakan bagian dari kegiatan Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia Tahun 2019, yang telah dicanangkan dan telah melalui tahapan penilaian sejak beberapa waktu lalu.

Penilaian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan (role model) bagi tata kelola kota di Indonesia dalam pengembangan kota cerdas (smart city).

Yang paling membanggakan dalam penghargaan tahun ini, Kota Jambi sukses meraih 7 kategori penghargaan sekaligus dari 9 kategori yang diperlombakan, yaitu, pertama, Rating Menuju Kota Cerdas (Smart City), kedua, Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy), ketiga, Rating Sosial Cerdas (Smart Social), keempat, Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment), kelima, Rating Kesehatan (Smart Healt), keenam, Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota, serta ketujuh, Rating Kesiapan Integrasi (Integration Readness).

Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB
Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Indonesia 2019, Kota Jambi Borong 7 Penghargaan Sekaligus dari ITB (IST)

Perlu diketahui bahwa Rating Kota Cerdas Indonesia adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh ITB dan pihak terkait dalam rangka pemetaan sebuah kota, sehingga tiap kota mampu memahami kotanya agar dapat bertransformasi menuju Kota Cerdas.

Pemetaan ini dilakukan dengan menilai kondisi kota berdasarkan elemen kualitas hidup (ekonomi, sosial, lingkungan) dan elemen pemungkin (tata kelola, infrastruktur dan teknologi, masyarakat). Pemetaan ini dilakukan melalui evaluasi mandiri oleh pemerintah kota dan kunjungan langsung ke pemerintah daerah serta survei masyarakat (n=400) di beberapa kota terpilih.

Penilaian pada Kota Jambi pun telah melalui tahapan yang sangat ketat dan kompetitif. Berbagai aspek dan indikator implementasi smart city Kota Jambi, telah dinilai secara objektif oleh tim penilai dari kampus ternama di Indonesia tersebut.

Pramugara Ini Jadi Incaran Banyak Wanita Usai Suapi Penumpang yang Seorang Nenek-nenek, Ini Aksinya

Kronologi Toyota Alphard Hilang di Parkiran RSUD Jambi, Ini Hal yang Bikin Kasat Reskrim Heran

Kemampuan Rahasia Mayjen Maruli Simanjuntak yang Tak Terungkap, Ahli Menembak di Atas Motor

Halaman
12
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved