Tampil dengan Pakaian Adat, Anak-anak SD di Sarolangun Buat Upacara Sumpah Pemuda Lebih Menarik

barisan anak-anak pelajar dari SD dan SMP memakai pakaian adat khas nusantara ikut meramaikan suasana upacara Hari Sumpah Pemuda.

Tampil dengan Pakaian Adat, Anak-anak SD di Sarolangun Buat Upacara Sumpah Pemuda Lebih Menarik
Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Sarolangun. 

Tampil dengan Pakaian Adat, Anak-anak SD di Sarolangun Buat Upacara Sumpah Pemuda Lebih Menarik

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN-Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Sarolangun berlangsung di Lapangan Gunung Kembang Kantor Bupati Sarolangun, Senin (28/10/2019).

Upacara yang berlangsung khidmat dipimpim Wakil Bupati Sarolangun Hilalatil Badri. Ditandai dengan pengibaran bendera merah putih yang diikuti barisan TNI, Polri, Korpri, Ormas Pemuda, Pramuka.

Terlihat pula, barisan anak-anak pelajar dari SD dan SMP memakai pakaian adat khas nusantara ikut meramaikan suasana upacara.

Salah seorang pelajar, Rezki mengatakan jika dirinya diminta pihak sekolah untuk memaki pakaian adat. Ia memakai pakaian adat khas Jawa itu karena ia adalah keturunan Jawa.

"Iyo, pakek baju Jawo bang, ini perwakilan sekolah juga yang kasih," ujarnya.

Pilkades Serentak, Pemkab Muarojambi Beri Dispensasi PNS untuk Memilih

Belum Ada Putusan Pusat, Pengumuman Seleksi CPNS di Batanghari Ditunda

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Walikota Sungaipenuh Bacakan Pidato Menpora, Ini Isinya

Sama halnya dengan Hasbi, ia memakai pakaian adat khas budaya batak sesuai dengan ciri dari seorang pemuda batak yang gagah berani.

Wakil Bupati Hilalatil Badri mengatakan sesuai amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Disebutkan Wakil Bupati, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," sebut Wakil Bupati.

Masih dikatakan Wabup H.Hillalatil Badri, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja. Pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

"Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju," kata Wabup.

Semoga perbedaan bisa menyatukan kita semua dalam satu misi, yaitu indonesia maju dan perubahan ada di tangan pemuda. (Cwa)

Bea Cukai Jambi Sita Jutaan Batang Rokok Ilegal, Ternyata Dari Sini Asalnya

Istri Kedua Melepuh Disiram Air Keras, Suami Cemburu Sang Istri Main Mata dengan Lelaki Lain

1,7 Juta Batang Rokok Ilegal Disita Bea Cukai Jambi, Ada Rokok Mirip Merk Ternama

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved