Gara-gara Unggahan Istri Soal Menkopolhukam Wiranto, Peltu Yunus Dicopot Jabatannya Hingga Dibui

Gara-gara istri nyinyir soal penusukan Menkopolhukam Wiranto, seorang anggota TNI AU harus menerima imbasnya

Gara-gara Unggahan Istri Soal Menkopolhukam Wiranto, Peltu Yunus Dicopot Jabatannya Hingga Dibui
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM  
Suasana sidang disiplin militer Peltu Yunus di Gedung Hercules, Mako Lama Lanud Muljono TNI Angkatan Udara, Surabaya, Selasa (15/10/2019)  

TRIBUNJAMBI.COM - Gara-gara unggahan istri soal penusukan Menkopolhukam Wiranto, seorang anggota TNI AU harus menerima imbasnya.

Peltu Yunus harus terima dibui hingga mendapat penundaan kenaikan pangkat serta dicopot dari jabatannya.

Peltu Yunus jalani sidang disiplin militer secara tertutup.

Sidang sendiri dilaksanakan di Gedung Hercules, Mako Lama Lanud Muljono TNI Angkatan Udara Surabaya yang berada di Jalan Raya Juanda, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.

Pemkab Muarojambi Gelontorkan Rp 930 Juta untuk Pilkades Serentak 62 Desa

 

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Muljono, Mayor Sus Prasetyo mengatakan Peltu Yunus terkena dua pasal di dalam UU No 25/2014 Tentang Hukum Disiplin Militer.

LAGI, Warga Tanjungpinang Ditangkap Gara-gara Nyinyir Soal Penusukan Menkoplhukam Wiranto

"Yaitu pasal 8 huruf a dan pasal 17 huruf a. Dimana Peltu Yunus sendiri dikenai sanksi administratif maupun hukum disiplin," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan untuk sanksi administratif yaitu penundaan untuk mengikuti pendidikan pembentukan perwira selama 1 gelombang dan penundaan kenaikan pangkat selama 2 periode.

"Sedangkan untuk hukum disiplin yaitu penahanan selama 5 hari. Dikarenakan Peltu Yunus melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan atau perbuatan yang tidak sesuai dengan tata tertib militer," tambahnya.

Pemprov Jambi Proyeksikan APBD Tahun 2020 4,4 Triliun, Dewan Soroti Defisit Ratusan Miliar

Dirinya juga menambahkan Peltu Yunus sendiri terhitung mulai Selasa (15/10/2019) ini sudah ditahan di Ruang Tahanan Militer Satpom AU Lanud Muljono.

"Pangkat Peltu Yunus yang sebelumnya Bintara Penyidik juga telah dicopot sejak Jumat (11/10/2019) dan saat ini pangkatnya Bintara Satuan POM TNI AU Lanud Muljono. Pangkatnya semula dapat dikembalikan lagi setelah dilakukan penilaian dan evaluasi selama enam bulan," jujurnya.

Prasetyo juga mengungkapkan bahwa selama dalam pemeriksaan, Peltu Yunus bersikap kooperatif dan jujur.

Hutan TNBS Terbakar, Satwa Liar Dikabarkan Mulai Keluar Hutan

"Dalam pemeriksaan, Peltu Yunus sudah memberitahu istrinya agar bersikap netral dalam hal urusan politik dan dilarang berkomentar termasuk di media sosial yang dapat berdampak pendiskreditan pemerintah maupun simbol - simbol negara.

Nasib Anak Amien Rais, Hanum Rais yang Sebut Penusukan Wiranto Settingan, Bagaimana dengan Jerinx?

Namun pada saat kejadian, istrinya luput dari pengawasannya dan memposting hal tersebut di media sosial," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul BREAKING NEWS Hukuman Peltu Yunus Yang Istrinya Fitnah Wiranto, Tunda Naik Pangkat & Dibui 5 Hari, https://jatim.tribunnews.com/2019/10/15/fakta-peltu-yunus-disidang-gegara-istri-fitnah-wiranto-di-fb-tunda-kenaikan-pangkat-dibui-5-hari?page=all&_ga=2.99707351.874688417.1571121742-1379873037.1570777059.

 


Editor: heri prihartono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved