Bank Indonesia Resmi Luncurkan QRIS

Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik

Bank Indonesia Resmi Luncurkan QRIS
Tribunjambi/Fitri Amalia
Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based. 

Bank Indonesia Resmi Luncurkan QRIS

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mengatakan, peluncuran QRIS telah dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke–74 Kemerdekaan RI, pada hari Sabtu (17/8) di Jakarta.

Bayu menyampaikan, implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020. Seluruh penyedia jasa pembayaran diberikan waktu untuk menyesuaikan.

"Sebagaimana disampaikan pada saat launching kemarin, QRIS adalah alat standar kode pembayaran yang dikembangkan dari barcode, dan selanjutnya dikembangkan dalam sistem pembayaran, dan Bank Indonesia memandang perkembangan teknologi digital dalam sistem pembayaran perlu dibuat standar khusus yakni QRIS," jelasnya, Senin (19/8) pada awak media di saat konferensi pers di Kantor Bank Indonesia Jambi.

Baca: Dilanda Kekeringan dan Kabut Asap, Pemkot Jambi Gelar Salat Istisqa Rabu Besok

Baca: Pendaki Gunung Kerinci Dilaporkan Meninggal, Kapolsek Kayu Aro Ungkap Penyakitnya

Baca: YLKI Jambi Minta Pertamina Usut Kasus BBM Tidak Sesuai Standar

Baca: Wali Kota Jambi Keluarkan Maklumat Antisipasi Dampak Kabut Asap

Baca: Tak Kunjung Hujan, Pemkab Tanjab Barat Rencanakan Gelar Salat Istisqa

Bayu mengatakan, peluncuran QRIS merupakan satu di antara implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019.

Dijelaskan Bayu, QRIS mengusung semangat UNGGUL yakni UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung. QRIS hadir untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dapat dipakai masyarakat kecil sekaligus untuk memperlancar pembayaran, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Cukup satu kode QR bisa dipakai untuk segala macam generasi pembayaran, kita ambil contoh seperti Gopay, OVO, Dana, Linkaja itu tidak masalah, semua bisa membaca," jelas Bayu.

QRIS UNGGUL mengandung makna, yaitu Pertama, UNiversal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

"Seperti yang telah disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia, harapannya bisa digunakan UMKM dimana saja, sehingga di Jambi tidak aneh lagi, kita lihat saat ini masih di Mall-mall tapi suatu saat dapat digunakan semua pihak mulai dari masyarakat biasa menggunakan QRIS dan dapat digunakan di seluruh Indonesia," katanya.

Halaman
12
Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved