Dilanda Kekeringan dan Kabut Asap, Pemkot Jambi Gelar Salat Istisqa Rabu Besok

Setelah sebelumnya mengeluarkan maklumat terkait antisipasi dampak kabut asap, kini Pemkot Jambi berencana menggelar salat Istisqa.

Dilanda Kekeringan dan Kabut Asap, Pemkot Jambi Gelar Salat Istisqa Rabu Besok
Humas Pemkot Jambi
Kabag Humas Pemkot Jambi Abu Bakar 

Dilanda Kekeringan dan Kabut Asap, Pemkot Jambi Gelar Salat Istisqa Rabu Besok

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kemarau yang berkepanjangan disertai dampak kebakaran hutan dan lahan yang saat ini melanda sebagian wilayah Jambi membuat Pemerintah Kota Jambi mengambil langkah cepat.

Setelah sebelumnya mengeluarkan maklumat terkait antisipasi dampak kabut asap, kini Pemkot Jambi berencana menggelar salat Istisqa.

Salat Istisqa atau shalat minta hujan, dianggap dapat menjadi salah satu cara mengantisipasi kekeringan dan dampak kabut asap di Kota Jambi.

Pemerintah Kota Jambi melalui Kepala Bagian Humas, Abu Bakar, mengatakan Pemkot Jambi akan menggelar salat minta hujan pada Rabu besok 21 Agustus 2019.

"Insyaallah, Rabu besok (21/8) pukul 8 pagi kita akan menggelar salat Istisqa secara berjamaah di lapangan utama Kantor Walikota Jambi. Oleh karenanya, kami mengajak segenap warga Kota Jambi dan sekitarnya mari kita bersama-sama pada Rabu besok berkumpul di lapangan utama kantor Walikota untuk menunaikan salat Istisqa dan bermohon kepada Allah SWT agar Kota Jambi segera diturunkan hujan," kata Abu Bakar.

Baca: Pendaki Gunung Kerinci Dilaporkan Meninggal, Kapolsek Kayu Aro Ungkap Penyakitnya

Baca: YLKI Jambi Minta Pertamina Usut Kasus BBM Tidak Sesuai Standar

Baca: Tak Kunjung Hujan, Pemkab Tanjab Barat Rencanakan Gelar Salat Istisqa

Baca: Terima Kunjungan KKDN Perwira Siswa Dikreg XLVI Sesko TNI, Ini yang Dibicarakan Syarif Fasha

Baca: Wali Kota Jambi Keluarkan Maklumat Antisipasi Dampak Kabut Asap

Ia menjelaskan salat Istisqa yang hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan), seperti salat ied adalah merupakan salah satu media dalam syariat Islam dalam mengatasi kekeringan.

"Adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, berserah diri dan bertawakkal bermohon agar Allah menurunkan hujan di Kota Jambi," terangnya.

Abu Bakar menambahkan, yang akan bertindak sebagai Imam salat adalah Al-Ustadz Haji Muhammad Sulhi Haji Muhammad Daud Al-Hafizh, Lc, sementara khatibnya adalah Al-Ustadz Haji Muhammad Amin Abdullah, M.Kes.

Selain itu, menurut Abu Bakar, Pemerintah Kota Jambi juga mengimbau masjid-masjid dan surau-suarau untuk membacakan doa qunut nazilah dengan hajat bermohon kepada Allah agar segera turun hujan dan terhindar dari dampak kabut asap.

Untuk salat Istisqa di lapangan utama kantor Walikota pada Rabu besok, Abu Bakar mengingatkan agar para jamaah jangan lupa membawa sajadah atau alas shalat.

"Kami harapkan juga jamaah salat Istisqa jangan lupa membawa sajadah atau alas salat," pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved