VIDEO: Siswa-Siswi Desa Lubuk Raman Rayakan Upacara HUT RI pertama di Desa Mereka

Untuk pertama kalinya setelah 73 tahun, pelajar Desa Lubuk Raman, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi melakukan upacara HUT RI di desa mereka.

VIDEO: Siswa-Siswi Desa Lubuk Raman Rayakan Upacara HUT RI pertama di Desa Mereka

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Peringatan HUT RI merupakan peringatan terbesar dan bersejarah bangsa Indonesia. Butuh perjuangan untuk bisa menjadi negara yang merdeka. Perjuangan ini masih tergambar di sebagian wilayah untuk dapat merasakan "merdeka".

Desa Lubuk Raman, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi misalnya baru pertama kali melakukan upacara HUT RI di Desa mereka. Hal ini menjadi antusias bagi masyarakat desa setempat, terkhusus anak-anak sekolah di Desa Lubuk Raman.

Momen pelaksanaan upacara HUT RI ke 74 ini menjadi momen spesial bagi siswa-siswi sekolah setempat. Pasalnya pada tahun-tahun sebelumnya siswa siswi ini perlu menempuh jarak puluhan kilo meter untuk mengikuti upacara HUT RI.

Pelaksanaan HUT RI sebelum-sebelumnya dilaksanakan di lapangan Kantor Camat Maro Sebo. Itu pun, tidak semua siswa ikut hanya perwakilan dari masing-masing sekolah saja yang bisa mengikuti upacara, selebihnya hanya di ikuti oleh siswa-siswi dan masyarakat melalui siaran TV.

Baca: Tiga Kecamatan di Tanjab Timur Kebakaran, BPBD Jambi Kirim Dua Helikompter Water Bombing

Baca: 41,5 Hektar Lahan di Tanjab Timur Terbakar, Hari Ini 17 Titik Api Terpantau BPBD

Baca: Kurangi Dampak Kabut Asap, Dinas Pendidikan Jambi Rencanakan Kurangi Jam Belajar

Baca: Patung Pahlawan di Sengeti Muarojambi Pakai Masker, Tak Tahan Kabut Asap?

Baca: Bendungan Raksasa Senilai Rp 2,8 Triliun di Merangin Mulai Digarap

Pjs Kepala Desa Lubuk Raman, Raden Abdul Rahman mengungkapkan bahwa perlu waktu lebih dari satu jam atau bahkan dua jam siswa dengan menggunakan sepeda motor untuk dapat ke Lapangan Camat Maro Sebo. Untuk itu, atas usulan dari pihak-pihak sekolah Ia menyampaikan kepada Camat agar masyarakat dan siswa dapat secara mandiri melaksanakan upacara HUT RI di Desa Lubuk Raman.

"Jadi karena usulan-usulan dari pihak sekolah, kita ajukan ke camat. Kita kasihan juga, karena dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, sekolah harus sewa mobil pulang pergi hampir Rp 600 ribu rupiah, belum makan anak-anak, guru. Itu lah pertimbangan yang kita ajukan," terangnya.

Desa Lubuk Raman merupakan Desa di wilayah Muarojambi yang berbatasan dengan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Selain jarak tempuh ke Kecamatan yang cukup jauh, kondisi jalan di Desa ini juga terbilang buruk, meskipun memang telah masuk program Gerakan Sapu Lobang (GSL) program Bupati Muarojambi.

Terhadap persetujuan dari Camat, pihak desa bersama dengan dua sekolah yakni SD dan SMP berjibaku untuk mensukseskan upacara HUT RI pertama di Desa Lubuk Raman. Upacara tersebut di pusatkan di lapangan SDN 219/IX Muarojambi, antusias seluruh siswa sangat terlihat dengan beberapa kali melakukan gladi bersih.

Mulai dari pasukan pengibar bendera, pembawa acara, kelompok paduan suara termasuk seluruh guru, dan staf desa mempersiapkan pelaksanaan itu semua. Setidaknya butuh waktu hampir satu bulan agar perayaan ini berjalan lancar.

Halaman
12
Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved