Pertempuran Jumat yang tak Seimbang

Rasanya tidak ada orang di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat yang tidak tahu nama KH M Daud Arif (1908- 1876)

Pertempuran Jumat yang tak Seimbang
IST
PEJUANG – KH M Daud Arif (duduk di tengah) bersama pasukan Laskar Hizbullah di Balai Marga pada tahun 1948. Perjuangan kemerdekaan Jambi khususnya Kuala Tungkal tak terlepas dari kiprah laskar ini. 

Umat Islam tak bisa dipisahkan dari negeri Jambi. Mereka membentuk laskar untuk turut angkat senjata bersama TNI melawan penjajah. Laskar Hizbullah adalah laskar yang populer. Demikian pula kiprah barisan ini di Tanjung Jabung.

Rasanya tidak ada orang di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat yang tidak tahu nama KH M Daud Arif (1908- 1976). Ia yang ulama juga pejuang yang kini namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit di sana. Kelahiran Laskar Hizbullah, juga tak lepas dari sosoknya.

Bila melihat sejarah, memang ketika terbentuknya organisasi ketentaraan seperti BKR (Badan Keamanan Rakyat) berkembang pula laskar-laskar rakyat sesuai aliran masing-masing.

Syamsul Bahri, seorang guru dan pemerhati sejarah di Tanjung Jabung Barat mengatakan, hal itu berlaku pula di kampung halamannya. Di Tungkal pada akhir 1945 beberapa orang cerdik pandai, alim ulama dan tokoh- tokoh masyarakat mengadakan pertemuan.

Pertemuan itu membicarakan kelanjutan perjuangan serta bagaimana untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Maka sekitar akhir 1945 atau awal 1946 terbentuklah diantaranya Laskar Hizbullah yang dipimpin oleh Guru HM Daud Arif,” cerita Syamsul kepada Tribun, Minggu (21/9).

Mukty Nasruddin dalam naskahnya Jambi dalam Sejarah Nusantara, bahkan punya kenangan terhadap sosok Daud Arif muda.

Ketika itu, Daud Arif menolak suatu perayaan yang ternyata acaranya diisi dengan judi.

Mengenai tumbuhnya gerakan rakyat (Laskar Hizbullah) ini Mukty berpendapat rakyat masih memiliki volksgeest en nationalegeest (jiwa kerakyatan dan jiwa kebangsaan) sekalipun dalam keadaan susah payah.

Baca juga: Sudah Lihat Bandara Sultan Thaha di Masa Lalu? Ini fotonya


Halaman
12
Penulis: deddy
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved