Moratorium Sawit Tak Pengaruhi Target Investasi di Jambi, Pemerintah Mulai Bidik Sektor Sekunder

Moratorium izin perkebunan kelapa sawit oleh Presiden Joko Widodo per 19 September 2018 lalu, dinilai tidak berpengaruh pada target investasi jambi.

Moratorium Sawit Tak Pengaruhi Target Investasi di Jambi, Pemerintah Mulai Bidik Sektor Sekunder
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala DPM-PTSP Provinsi Jambi Imron Rosady. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Terbitnya instruksi presiden (Inpres) tentang moratorium atau menghentikan sementara izin perkebunan kelapa sawit oleh Presiden Joko Widodo per 19 September 2018 lalu, dinilai tidak berpengaruh terhadap realisasi target investasi yang ditetapkan di Provinsi Jambi.

Dengan terbitnya moratorium itu, artinya izin perkebunan kelapa sawit tidak boleh dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah termasuk di Provinsi Jambi.

Menanggapi hal itu Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Jambi saat dikonfirmasi Tribunjambi.com menyebutkan hal itu tidak akan berpengaruh terhadap realisasi target Investasi yang ada di Jambi. Meskipun Investasi di Provinsi Jambi saat ini masih didominasi pada sektor premier yakni perkebunan dan pertambangan.

Baca: Rumah Potong Hewan di Jambi Digerebeg Polda Jambi, Karyawan Lari Kocar-kacir, Ada Suara Tembakan

Baca: Kabar Gembira, April TPP PNS Provinsi Jambi Naik 20 Persen

Baca: Tradisi Cheng Beng di Jambi, Ada Ritual Pemberian Kertas Sembahyah di Makam Leluhur, Ini Maknanya

Baca: VIDEO VIRAL: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Tiba-tiba Push Up di Hadapan Siswa, Kuat 50 Kali

"Ekstensifikasi atau izin-izin baru yang tak boleh. Makanya saat ini kita mengarahkan Investasi itu pada sektor sekunder. Artinya kalau kebunnya sudah ada, pabriknya lagi yang dibangun," kata Kepala DPM-PTSP Provinsi Jambi Imron Rosady.

Menurutnya, investasi ke arah sektor sekunder akan memberikan dampak lebih besar kepada masyarkat dan meningkatkan nilai ekspor dibanding sektor premier.

Diakui Imron, sebelum moratorium itu diterbitkan, izin baru perkebunan sawit di Provinsi Jambi tidak dikeluarkan lagi. Yang ada hanya perluasan area pada izin yang sudah ada.

"Memang yang mengajukan banyak, tapi sudah kita batasi apalagi sudah moratorium," ungkapnya.

Selain izin perkebunan kelapa sawit, disampaikan Imron izin tambang batu bara juga sudah moratorium. Izin baru tambang batu bara tidak lagi dikeluarkan sejak lama.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved