Pinjam Uang dengan Modus Jaminkan Mobil Rental, Terdakwa Penipuan Ini Divonis 1,8 Tahun Penjara

Sebulan kemudian, terdakwa kembali datang dan menukarkan jaminan. Dia menjaminkan avanza hitam dengan alasan mobil silver hendak dipakai istrinya.

Pinjam Uang dengan Modus Jaminkan Mobil Rental, Terdakwa Penipuan Ini Divonis 1,8 Tahun Penjara
tribunjambi/mahreza
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jambi, memvonis Rianto, terdakwa penipuan bersalah dan harus menjalani hukuman penjara selama 1,8 tahun penjara. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Demi mendapat pinjaman uang, Rianto, nekat merental mobil di Pesisir (Sumatera Barat) dan menjaminkannya untuk mendapatkan pinjaman total Rp30 juta.

Habis masa rental, dia justru merental mobil lain di Painan dan kembali menjaminkannya. Namun akhirnya, kedoknya itu terbongkar. Ia pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan menjalani persidangan.

Baca: Lebih Menantang di Danau Sipin

Baca: Insentif BPDP-KS Perlu Diperluas ke BUMN, Bisa untuk Bangun Kilang CPO

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jambi, akhirnya menjatuhkan putusan kepadanya dengan pidana penjara selama satu tahun dan delapan bulan kurungan.

"Menyatakan terdakwa Rianto, telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 378 KUHP," kata Arpan Yani, Ketua majelis hakim yang memimpin persidangan.

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri (JPU Kejari) Jambi, Rendi Winata, yang menuntutnya dengan penjara selama dua tahun.

Baca: Bogor Dilanda Puting Beliung, Kenali Tanda dan Sifatnya!

Baca: UPDATE TERBARU Pembantaian Pekerja di Ndagu, 16 Jenazah Berhasil Dievakuasi ke Timika

Dapat diinformasikan, terdakwa mendatangi saksi korban, Didit pada November 2017 untuk meminjam uang Rp 28 juta dengan jaminan sebuah mobil avanza veloz silver. Sekitar 17 hari kemudian, terdakwa kembali meminjam uang Rp 2 juta, sehingga total pinjaman menjadi Rp 30 juta.

Sebulan kemudian, terdakwa kembali datang dan menukarkan jaminan. Dia menjaminkan avanza hitam dengan alasan mobil silver hendak dipakai istrinya.

Usut punya usut, ternyata yang selama ini dijaminkan terdakwa adalah mobil rental dari Pesisir dan Painan (Sumatra Barat). Sementara itu, uang yang dipinjamkan Didit dipergunakan terdakwa untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar utang. Karena itulah Didit akhirnya menderita kerugian Rp 30 juta dan melaporkannya kepada pihak berwajib.(*)

Baca: Intan Hardja, Presenter Cantik yang Ngaku Pernah Berhubungan Intim di Mobil dengan Brondong Terkenal

Baca: Prediksi Persebaya Surabaya VS PSIS Semarang Pukul 15.30 WIB, Ini Striker yang Bakal Beradu

Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved