Jabal Rahmah Jadi Destinasi Wisata Favorit di Makkah, Jemaah Haji Asal Jambi Ziarah ke Sana

Destinasi wisata religi di Kota Mekah yang kerap kali dikunjungi jemaah saat musim haji yakni Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah Jadi Destinasi Wisata Favorit di Makkah, Jemaah Haji Asal Jambi Ziarah ke Sana
ist
Jamaah haji dari jambi sedang berada di Jabal Rahmah 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Destinasi wisata religi di Kota Mekah yang kerap kali dikunjungi jemaah saat musim haji yakni Jabal Rahmah.

Lokasinya terletak 25 kilometer sebelah tenggara Kota Makkah. Jabal Rahmah berada di selatan Padang Arafah, tempat jamaah haji berwukuf tanggal 9 Dzulhijah.

Seperti yang dilakukan Jemaah Calon Haji Kloter 20 yang dikomandoi langsung oleh, Ketua Kloter 20, Dairun pada minggu (12/8) yang berkesempatan melakukan ziarah ke Jabal Rahmah.

"Jemaah yang tergabung pada Kloter 20 sudah melakukan sejumlah aktifitas setelah sampai di Kota Mekah, diantaranya melakukan umrah wajib, i’tikaf di Masjidil Haram, nah kali ini kami bersama rombongan melakukan ziarah ke tempat bersejarah salah satunya ke Jabal Rahmah," ujarnya via WhatsApp.

Jabal dalam bahasa Arab berarti gunung atau bukit. Sedangkan, rahmah berarti kasih sayang. Bukit ini disebut kasih sayang karena di sanalah pertemuan Nabi Adam dan Hawa ketika diturunkan ke bumi secara terpisah. Kedua suami istri tersebut dipertemukan dan akhirnya bisa kembali merajut kasih sayang mereka.

Pemerintah Arab Saudi membangunkan sebuah tugu yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar 1,8 meter dan tingginya 8 meter. Tempat tugu tersebut dibangun dipercaya sebagai titik bertemunya Adam dan Hawa.

Dari puncak Jabal Rahmah, pemandangan Padang Arafah dapat terlihat jelas. Pegunungan tandus serta kemah-kemah jamaah haji yang berwukuf di sana.

Baik di musim haji maupun tidak, Jabal Rahmah tetap dipadati pengunjung. Ketika musim haji, mereka yang wukuf di Padang Arafah banyak yang memadati bukit ini. Sedangkan di luar musim haji, kebanyakan datang berziarah dan napak tilas pertemuan sepasang nenek moyang manusia itu.

Banyak yang percaya, berdoa agar dilancarkan jodoh sangat tepat dibacakan di Bukit Kasih Sayang tersebut. Ada juga yang berdoa agar dikekalkan jodoh bersama pasangannya, sebagaimana cinta antara Adam dan Hawa. (May)

Penulis: Rohmayana
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved