Prakiraan Cuaca

Hingga 17 Februari Jambi Berpotensi Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang, Waspada di 6 Daerah Ini

Dengan adanya pusat tekanan rendah (low) di perairan Kalimantan Utara dan Australia bagian utara, sirkulasi siklonik (angin

Hingga 17 Februari Jambi Berpotensi Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang, Waspada di 6 Daerah Ini
TRIBUN JAMBI/WAHYU HERLIYANTO

Laporan Wartawan Tribun, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dengan adanya pusat tekanan rendah (low) di perairan Kalimantan Utara dan Australia bagian utara, sirkulasi siklonik (angin yang masuk ke daerah tekanan rendah) di perairan barat aceh dengan level (925/700) Hpa.

Dari pantauan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Thaha Jambi, terdapat angin yang masuk ke daerah tekanan rendah di Wilayah Barat Aceh. Prakirawan BMKG Sultan Thaha Jambi, Zenita Endriani menjelaskan, titik bertemunya angin terbentuk memanjang di perairan barat Sumatera, Selat Sunda, selatan Jawa, perairan NTB dan NTT.

Baca: Benarkan Edaran BPOM Tentang Albothyl, Ini Penjelasan BPOM Jambi

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

"Daerah dengan indeks stabilitas atmosfer menunjukan ada potensi perpindahan angin aktif/sedang sampai kuat yaitu di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, NTB, Sulawesi dan Papua," ujar Zenita, Kamis (15/2).

Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

Kata Zeni hal ini mengakibatkan terjadinya hujan dengan intensitas hujan sedang, hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada sore, malam dan dini hari.

"Potensi ini diperkirakan sampai tanggal 17 Februari 2018, di Wilayah Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten kerinci," ujar Zenita.

Baca: Apa Beda Avsec dan Security di Bandara? Ini Penjelasan Chief Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi

Baca: Siap Dukung Pembangunan Fly Over, Bappeda Kota Harap Desain Ulang Karena Alasan Ini

Dengan adanya potensi hujan ini, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti banjir terutama disekitar daerah aliran sungai (DAS) batanghari, tanah longsor angin kencang, pohon tumbang.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help