TribunJambi/

Bandara Corner

Apa Beda Avsec dan Security di Bandara? Ini Penjelasan Chief Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi

Banyak yang berfikir petugas AVSEC (Aviation Security) bandara itu sama dengan satpam Mal, satpam rumah sakit, satpam bank, ataupun

Apa Beda Avsec dan Security di Bandara? Ini Penjelasan Chief Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi
TRIBUN JAMBI/WAHYU HERLIYANTO
Avsec di Bandara Sultan Thaha Jambi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Banyak yang berfikir petugas AVSEC (Aviation Security) bandara itu sama dengan satpam Mal, satpam rumah sakit, satpam bank, ataupun satpam lainnya.

Siapa bilang, beda dong, dilihat dari lisensi atau pemberian izinnya saja berbeda.

Hal ini sudah di atur dalam peraturan udara. (Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/2765/2010 bab 1 butir 9) berbunyi 'personel keamanan penerbangan adalah personil yang telah memiliki lisensi yang di beri tugas dan tanggung jawab dibidang keamanan penerbangan'.

Baca: Siap Dukung Pembangunan Fly Over, Bappeda Kota Harap Desain Ulang Karena Alasan Ini

Chief (komandan regu) Avsec Bandara Sultan Thaha Jambi, Herman menjelaskan, kewenangan petugas keamanan penerbangan (Avsec) jika sudah memiliki lisensi.

"Maka sudah dinyatakan memiliki kompetensi. Untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara," ujar Herman kepada Tribun, Kamis (15/2) siang.

"Petugas pengamanan penerbangan wajib memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP) dalam melaksanakan tugasnya, jadi gak bisa asal," ujarnya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help