Berita Merangin

Wabup Merangin Nilwan Yahya Lakukan Monitoring dan Evaluasi KMK di Dua Kecamatan

Wabup Merangin Nilwan Yahya melakukan monitoring dan evaluasi Kesehatan Masyarakat dan Kemiskinan (KMK), di Kecamatan Bangko dan Bangko Barat

Penulis: Solehan | Editor: Suci Rahayu PK
KONTAN/FRANSISKUS SIMBOLON
Ilustrasi kemiskinan 

TRIBUNJAMBI.COM, MERANGIN -Wabup Merangin Nilwan Yahya melakukan monitoring dan evaluasi Kesehatan Masyarakat dan Kemiskinan (KMK), di Kecamatan Bangko dan Bangko Barat, Senin (16/1/2023).

Selain monitoring dan evaluasi KMK, Wabup Nilwan juga mengevaluasi kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin untuk dua kecamatan tersebut.

"Dokumen dapat dijalankan secara sinergis, selaras dan terukur sehingga hasil dan manfaatnya terlihat jelas di masyarakat," katanya.

Munculnya kemiskinan tegas wabup, disebabkan oleh masalah multi-dimensi sehingga membutuhkan upaya kerja sama multi-sektor, lintas Pemerintahan dan melibatkan aktor non-Pemerintah.

Dalam upaya menekan angka kemiskinan kabupaten jelas wabup, program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), merupakan upaya untuk menciptakan kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.

Program ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, yang berfokus kepada peningkatan mutu kualitas dasar manusia, seperti jamban, IPAL, sampah, taman kota, dan sungai bersih.

Program KKS melalui sembilan tatanan dan program Germas itu terang wabup, dilaksanakan lewat tujuh kegiatan Germas, selanjutnya akan dilaksanakan oleh lintas OPD yang terlibat.

‘’OPD terkait harus mampu mengandeng pihak swasta dalam melaksanakan Program Penanggulangan Kemiskinan, misalnya kerjasama melalui pemanfaatan dana CSR (corporate social responsibility) dan peluang lainnya," pungkasnya. (Tribunjambi.com/Solehan)

Baca juga: Sinopsis Sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih 16 Januari 2023, Kemarahan Orangtua Novia pada Hakim

Baca juga: Harga Cabai Setan di Kota Jambi Turun Jadi Rp 40 Ribu per Kg

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved