Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Akan Hadir di BPS Provinsi Jambi

MBKM merupakan program dari Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

Editor: Rahimin
istimewa
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menjadi mitra dalam implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menjadi mitra dalam implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.

MBKM merupakan program dari Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan mendorong mahasiswa supaya menguasai berbagai keilmuan sebagai modal dalam memasuki pasar kerja.

Amanah dari Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyebutkan jika perguruan tinggi wajib memfasilitasi hak bagi mahasiswa (dapat diambil atau tidak) untuk dapat mengambil SKS diluar perguruan tinggi paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS dan atau dapat mengambil SKS di program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama sebanyak 1 semester atau setara dengan 20 SKS.

Selain itu Permendikbud tersebut juga menginstruksikan perguruan tinggi menyusun kebijakan/pedoman akademik untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran di luar program studi dan membuat dokumen kerja sama dengan mitra yang menjadi tempat pembelajaran program MBKM.

Dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran MBKM, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi menjalin kemitraan dengan BPS Provinsi Jambi untuk menempatkan sejumlah mahasiswanya melakukan kerja magang di lingkungan BPS Provinsi Jambi.

Salah satu langkah awal adalah perlu disusunnya kurikulum yang ditempuh mahasiswa selama melakukan pembelajaran di BPS.

Sehingga pada hari Senin, 19 September 2022, Universitas Jambi menyelenggarakan Pelatihan Pemutakhiran Kurikulum MBKM Program Studi Matematika Universitas Jambi dalam Rangka Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Bekerja Sama dengan Mitra menuju Center of Excellent. Pelatihan tersebut menghadirkan 2 orang narasumber yaitu DR Kiki Ariyanti Sugeng dari Universitas Indonesia dan Hilda Assiyatun, M.Si, Ph.D dari Institut Teknologi Bandung.

Sebagai peserta dalam pelatihan tersebut adalah seluruh ketua program studi dan civitas akademika pada fakultas sains dan teknologi, lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPMP) Universitas Jambi dan BPS Provinsi Jambi.

Dari hasil diskusi dengan 2 narasumber tersebut menghasilkan beberapa rumusan diantaranya fokus program kegiatan MBKM adalah menghasilkan capaian pembelajaran (Learning Outcomes) di mana kurikulum perguruan tinggi pada dasarnya bukan sekedar kumpulan mata kuliah.

Tetapi, merupakan rancangan serangkaian proses pendidikan atau pembelajaran untuk menghasilkan suatu capaian pembelajaran (Learning Outcomes), pembobotan kegiatan MBKM dapat dilakukan dalam dua bentuk yaitu bentuk bebas (free form) dengan mengkonversikan kegiatan ke dalam bentuk hard skill dan soft skill atau bentuk pembobotan yang kedua adalah bentuk terstruktur (structure form).

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved