Berita Jambi

Luasnya Lahan Perkebunan di Provinsi Jambi Menjadi Penyumbang PDRB Tertinggi

Sebanyak 30 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) disumbang oleh sektor pertanian. Dari 30 persen itu disumbang 60 persen bidang perkebunan.

TRIBUNJAMBI.COM/WIRA DANI DAMANIK
Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 30 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) disumbang oleh sektor pertanian. Dari 30 persen itu disumbang 60 persen bidang perkebunan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal. Dia menuturkan hal itu sejalan dengan luasnya lahan perkebunan di Provinsi Jambi walaupun di sisi produktivitas belum maksimal.

"Jadi total perkebunan yang ada di Jambi, dari daratan lebih kurang 5 juta seratus hektar, itu kan 2 juta seratusnya hektarnya kan kawasan hutan. Berarti tinggal 3 juta lagi kan, dari 3 jutanya sebanyak 2 juta hektar itu perkebunan, tinggal 1 juta hektar penggunaan lain termasuk pertanian tanaman pangan. Begitulah gambarannya, makanya 60 persen," jelasnya, Rabu (21/9).

Agusrizal mengatakan akan meningkatkan sumbangan PDRB itu yakni dengan meningkatkan produktivitas komoditas perkebunan dengan memperbaiki hulu.

"Jadi kami sekarang ini ada dua menjadi target. Walaupun itu 2 juta hektar masih bisa dinaikkan produktivitasnya. Kita lihat aja misalnya sawit, banyak yang tanam bibitnya sembarang sehingga dapatnya cuma satu ton/hektar dalam satu kali panen. Padahal bisa mencapai 2 hingga 3 ton, nah itu akibat dari tidak menggunakan bibit unggul sama tidak dipupuk. Jadi kita dorong dalam sisi produksi dan produktivitas, hulunya juga diperbaiki nah kemudian di pengolahannya dan nilai tambah atau daya saing," tutupnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Persoalan Hilirisasi Produk Perkebunan, Ini Penjelasan Kadisbun Provinsi Jambi

Baca juga: Gerindra Endus Upaya Penjegalan Prabowo Melalui Pemasangan Baliho, Akan Tempuh Jalur Hukum

Baca juga: Saksi Kunci Sakit Parah, Sidang Etik Mantan Anak Buah Sambo Ditunda

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved