Berita Kota Jambi

13 Kasus TPPO di Kota Jambi, Pemkot Jambi Ajak Seluruh Stakeholder Cegah TPPO

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, berharap dengan diselenggarakannya rapat koordinasi dan kerja sama lintas sektor Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/FITRI AMALIA
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, berharap dengan diselenggarakannya rapat koordinasi dan kerja sama lintas sektor Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) tahun 2022 dapat mencegah TPPO di Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, berharap dengan diselenggarakannya rapat koordinasi dan kerja sama lintas sektor Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) tahun 2022 dapat mencegah TPPO di Kota Jambi.

Maulana menegaskan ini merupakan amanat undang-undang dan tugas kita bersama menjaga diri dan keluarga kita agar jangan sampai terjerumus ke hal-hal negatif.

"Ini penting sekali melibatkan stakeholder mulai dari para aktivis pemerhati perempuan, dunia perguruan tinggi, tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, kemudian penegak hukum, yang diikat dalam bentuk gugus tugas bekerja bersama-sama menjangkau mulai dari kelompok anak-anak yang masih terjaga dengan baik yang diberi perlindungan dan diberikan upaya promotif dan preventif," ujarnya, Rabu (21/9/2022).

Dia berharap tidak ada lagi terjadi kasus TPPO di Kota Jambi, dengan memberikan berbagai edukasi terhadap anak-anak usia pelajar. Termasuk kelompok-kelompok anak-anak yang beresiko dan kelompok yang telah masuk ke ranah itu sampai ke ranah pidana.

"Tujuannya untuk menurunkan angka kejadian TPPO kalau bisa dinolkan tidak ada lagi kejadian Human Trafficking, risiko itu selalu ada karena prosesnya sekarang lebih cepat di era digitalisasi, maka kita harus melawan ini dengan pemahaman, edukasi, dan menjangkau kesekolah-sekolah," jelas Maulana.

Dia mengatakan faktor terjadinya Human Trafficking satu di antaranya karena faktor ekonomi.

“Jika dikaji lebih mendalam memang motifnya karena ekonomi, tentu juga perlu bagaimana upaya pengentaskan kemiskinan, seperti memberikan bantuan, atau hal-hal lainnya, meningkatkan derajat ekonomi juga penting," sebutnya.

Noverentiwi Dewanti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jambi mengatakan sejak Januari hingga Agustus 2022 terdapat 13 kasus perdagangan orang di Kota Jambi yang ditangain pihak Kepolisian saat ini.

Dia menyebut karena kota Jambi sebagai ibukota Provinsi Jambi, membuat peluang terjadinya TPPO cukup besar.

"Namun dengan adanya pembentukan gugus tugas TPPO, diharapkan angka perdagangan orang. Baik terhadap perempuan maupun anak menjadi nol,” harapnya.

Adapun faktor terjadinya kasus TPPO karena faktor ekonomi dimana faktor ekonomi merupakan faktor terbesar, yang mempengaruhi TPPO. Selain faktor ekonomi juga faktor keluarga yang saling terkait.

"Jadi karena ketidakmampuan secara finansial si korban bisa menjual dirinya sendiri, itu indikasi indikasi yang selama ini kami dampingi dalam penanganan kasusnya yang sekarang sudah di Polresta Jambi," kata Dia.

Noverentiwi mengatakan dari ke-13 kasus TPPO tersebut enam di antaranya anak-anak di bawah umur meruju Undang-Undang Anak, mereka yang berada di bawah usia 18 tahun. Sisanya usia di atas 18 tahun.

“Kasus TPPO yang ditemukan telah ditangani Polresta Jambi dan, pengembalian kepada orangtua kami dampingi," sebutnya.

Upaya-upaya yang sudah dilakukan DPPMPA memerangi TPPO mulai dari mendatangi sekolah-sekolah, menjadi narasumber pada momen-momen pertemuan baik itu di tingkat RT, tingkat Kelurahan, sampai Kecamatan.

"Sampai dengan pertemuan-pertemuan tingkat kota, terus kami selipkan adanya upaya-upaya agar kita bersinergi bersama-sama untuk memerangi TPPO di kota Jambi," tutupnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Luasnya Lahan Perkebunan di Provinsi Jambi Menjadi Penyumbang PDRB Tertinggi

Baca juga: Persoalan Hilirisasi Produk Perkebunan, Ini Penjelasan Kadisbun Provinsi Jambi

Baca juga: Gerindra Endus Upaya Penjegalan Prabowo Melalui Pemasangan Baliho, Akan Tempuh Jalur Hukum

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved