Menghitung Produkstivitas Padi Melalui Ubinan Berbasis Kerangka Sampel Area

Pelaksanaan Survei Ubinan adalah sepanjang tahun yang terbagi dalam tiga subround yaitu subround 1 (Januari-April), subround 2 (Mei-Agustus)

Editor: Rahimin
istimewa
Produksi padi dihitung dari perkalian luas panen dengan produktivitas padi perhektar yang didapatkan dari survey ubinan yang dilakukan oleh BPS 

Menghitung Produkstivitas Padi Melalui Ubinan Berbasis Kerangka Sampel Area (KSA)

Oleh: Novia Dian Ariyani, S.Si.

Statistisi Ahli Pertama BPS Kabupaten Tanjung Jabung Barat

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan produksi padi sebesar 2 126 ton di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dari produksi sebesar 32 097 ton di tahun 2020 menjadi 29 970 ton di tahun 2021.

Produksi padi dihitung dari perkalian luas panen dengan produktivitas padi perhektar yang didapatkan dari survey ubinan yang dilakukan oleh BPS.

Survei Ubinan yang dilakukan oleh BPS bertujuan untuk mendapat nilai produktivitas padi per hektar.

Sementara luas panen didapatkan dari Survei Kerangka Sampel Area (KSA) dengan melakukan pengamatan pada titik-titik subsegmen sesuai dengan fase pertumbuhan padi.

Pengamatan dilakukan dengan menggunakan teknologi berbasis android.

Dengan melibatkan peranan teknologi terkini diharapkan data produksi padi yang dikumpulkan menjadi lebih akurat, cepat  dan tepat waktu.

Untuk mendukung kebutuhan data secara optimal, dilakukan perubahan moda pengumpulan data ubinan yang sebelumnya menggunakan kuesioner atau metode PAPI (Pencil and Paper Interviewing) ke metode CAPI (Computer Personal Interviewing) yang menggunakan HP android.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved