Yuk, Kenalan dengan Sakernas

Secara umum pengumpulan data Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan

Editor: Rahimin
istimewa
Secara khusus Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja. 

Yuk, Kenalan dengan Sakernas

TRIBUNJAMBI.COM - Sakernas (Survei Angkatan Kerja Nasional) adalah salah satu survei berbasis rumah tangga yang diselenggarakan oleh Badan Pusat statistik (BPS) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan, Sakernas dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

Mungkin masih banyak yang bertanya apa tujuan dan manfaat pengumpulan data Sakernas? Secara umum pengumpulan data Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan.

Secara khusus Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pangangguran dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat Nasional. Provinsi dan kabupaten/kota.

Sakernas untuk pertamakalinya dilaksanakan tahun 1976, pada tahun 1986 mulai rutin dillaksanakan oleh BPS sampai sekarang.

Konteks ketenagakerjaan yang digunakan oleh BPS merunut pada The Labour Force Concept yang disarankan oleh Internasional Labor Organization (ILO). Konsep ini membagi penduduk menjadi dua kelompok, yaitu penduduk usia kerja ( penduduk berusia 15 tahun dan lebih) dan penduduk bukan usia kerja.

Selanjutnya, penduduk usia kerja dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan kegiatan utama yang sedang dilakukannya, kelompok tersebut adalah angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Angkatan kerja adalah penduduk usia kerja 15 tahun ke atas yang aktif secara ekonomi, seperti penduduk bekerja, atau yang punya pekerjaan, tapi sementara tidak bekerja dan pengangguran. Bukan angkatan kerja adalah penduduk usia kerja 15 tahun ke atas yang masih sekolah, mengurus rumah tangga atau melaksanakan kegiatan lainnya.

Hasil pendataan Sakernas Kabupaten Bungo Agustus Tahun 2021, menunjukkan jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Bungo sebanyak 281.283 oarang.

Terdiri dari jumlah angkatan kerja sebanyak 178.842 orang, (mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2020 yang angkatan kerjanya 179.151 orang) dan bukan angkatan kerja sebanyak 102.441 orang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved