Menikmati Statistik Selezat Makan Steak

Dewasa ini, menjadi tantangan publik adalah bagaimana menginterpretasikan data statistik yang dihasilkan proses panjang kegiatan statistik

Editor: Rahimin
ist
Kantor Badan Pusat Statistik (BPS). Menikmati Statistik Selezat Makan Steak 

Menikmati Statistik Selezat Makan Steak

Penulis            : Risma Hapsari, S.ST., M.Si.

Statistisi Ahli Muda, BPS Provinsi Jambi.

TRIBUNJAMBI.COM - -Ada yang mengatakan bahwa statistik itu sulit dan rumit. Bisa jadi ini benar.

Sepanjang kuliah di perguruan tinggi, di fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas pertanian, maupun fakultas ilmu sosial, mahasiswa dijejali berbagai formula matematis yang seringkali tampak njlimet.

Apalagi kalau kuliah di jurusan statistika, seakan-akan menekuni dunia keilmuan statistik yang membawa ke angkasa, membangun menara gading keilmuan yang jauh dari kebutuhan praktis publik.

Perguruan tinggi sering memberi bobot pengajaran statistik dengan berbagai model matematis yang jauh dengan kebutuhan praktis sehari-hari.

Dewasa ini, menjadi tantangan terbesar publik kita adalah bagaimana menginterpretasikan data statistik yang dihasilkan proses panjang kegiatan statistik.

Perkembangan ekonomi, sosial, dan politik yang sangat cepat berubah di tanah air.

Di sisi lain, dengan semakin beragamnya konsumen data statistik yang telah menembus batas-batas strata sosial dan profesi, kebutuhan data statistik yang lebih sederhana semakin besar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved