Derap Langkah Pembangunan Statistik di Provinsi Jambi

Statistik penting bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan dalam pembangunan nasional.

Editor: Rahimin
istimewa
Derap Langkah Pembangunan Statistik di Provinsi Jambi 

Derap Langkah Pembangunan Statistik di Jambi

Uziroh
BPS Provinsi Jambi.

TRIBUNJABI.COM - Satu langkah telah maju diiringi dengan langkah yang lain seperti bumi yang terus berputar walaupun seperti diam.

Pada acara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2021 yang lalu, Presiden RI mengajak seluruh insan statistik untuk membangun upaya kolektif dalam penyediaan data statistik yang cepat dan berkualitas.

Statistik penting bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan dalam pembangunan nasional.

Satu program nasional yang menjadi perhatian adalah Penguatan tata kelola data pemerintah sehingga menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pemerintah sehingga terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI), serta Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas.

Kegiatan statistik dasar diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pengguna statistik dasar tidak hanya dapat mengakses produk-produk yang dihasilkan oleh BPS, tetapi juga dapat memberikan saran dan pertimbangan yang akan digunakan sebagai masukan dalam penyempurnaan penyelenggaraan statistik dasar.

Statistik Sektoral diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga Pemerintah sesuai lingkup tugas dan fungsinya, baik secara mandiri maupun bersama-sama dengan BPS.

Kegiatan ini sangat membutuhkan kerja sama yang baik antara BPS sebagai pengelola/kordinator kegiatan statistik dan instansi pemerintah diluar BPS sebagai penyelenggara kegiatan statistik sesuai dengan amanah peraturan pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan statistik.

Sementara untuk statistik khusus diselenggarakan oleh masyarakat baik lembaga, organisasi, perorangan maupun unsur masyarakat lainnya secara mandiri maupun bersama-sama dengan BPS.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved