Kawasan Hutan Kota Sarolangun Menyimpan Keanekaragaman Flora Dan Fauna

Pemkab Sarolangun berniat menyulap kawasan hutan kota Sarolangun menjadi objek wisata dan edukasi, apa saja potensinya?. 

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Hutan Kota Sarolangun menyimpan banyak keanekaragaman hayati. 

 

TRIBUN JAMBI, SAROLANGUN - Menyulap kawasan Hutan Kota Sarolangun menjadi objek wisata dan edukasi, apa saja potensi di hutan kota tersebut. 

Mengupas terkait hutan, tentu tidak jauh dari persoalan pembalakan dan keanekaragaman hayati yang ada didalamnya. 

Namun dalam pembahasan soal hutan kali ini, Tribunjambi.com akan mengupas terkait keberadaan dan potensi yang ada di hutan kota Sarolangun. 

Berbeda dengan hutan pada umumnya ataupun hutan lindung, hutan kota yang berada tepat di pusat kota pemerintahan Pemkab Sarolangun ini memiliki luasan yang cukup besar dengan geografis semi perbukitan dan rawa. 

Berada lebih kurang 2 km dari jalan lintas Sumatera, atau berada tepat di kawasan komplek perkantoran Sarolangun membuat hutan ini cukup mudah dikunjungi bagi pecinta alam. 

Hutan Kota Sarolangun sendiri terbagi menjadi dua lokasi dan memiliki luasan yang berbeda, selain itu juga kawasan hutan kota berada di sela sela pusat bangunan dan gedung OPD di Pemkab Sarolangun.

Baca juga: Warga Sarolangun Kenang Sungai Batang Tembesi yang Dulu Jernih, Hancur Sejak Ada PETI

Yang membuat hutan kota ini memiliki pembeda sendiri, dari hutan kota lainnya yang berada di kabupaten maupun kota lainnya. 

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sarolangun, dari dua hutan kota ini memiliki luasan yang berbeda beda. Hutan kota yang mengelilingi kawasan perkantoran memiliki luasan mencapai 9.8 hekatre.

Sedangkan hutan kota kedua luasnya lebih kecil, namun lokasinya berada tepat di jantung perkantoran. Tepatnya di depan Kantor Bupati Sarolangun, dengan luasan mencapai 1.8 hektar saja. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved