Tips Kesehatan

Khasiat Daun Pegagan untuk Mempercepat Menyembuhkan Luka dan Mengurangi Stretch Marks

Manfaat daun pegagan. Beberapa penelitian juga menunjukkan triterpenoid punya kemampuan untuk memperkuat kulit, meningkatkan antioksidan pada luka.

Editor: Nurlailis
Medical News Today
Khasiat Daun Pegagan 

TRIBUNJAMBI.COM – Daun pegagan disebut dengan triterpenoid. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, senyawa ini bisa membantu penyembuhan luka.

Beberapa penelitian juga menunjukkan triterpenoid yang punya kemampuan untuk memperkuat kulit, meningkatkan antioksidan pada luka, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Nah, karena adanya penelitian-penelitian tersebut, daun pegagan sering digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan, psoriasis, mencegah terbentuknya luka pasca operasi, dan mengurangi stretch marks.

Dilansir dari Medical news Today, tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Asia ini, sudah sejak beberapa tahun yang lalu digunakan dalam pengobatan tradisional.

Selain karena sejarah penggunaan ramuan daun pegagan sebagai obat tradisional, ada juga beberap studi klinis yang sudah membuktikan khasiat tanaman tersebut bagi kesehatan.

Dalam pengobatan tradisional, daun pegagan sering digunakan untuk mengatasi diare, meningkatkan energi, hingga memperpanjang usia.

Berikut ini sederet manfaat daun pegangan bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari Mount Sinai.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa

1. Anxiety

Selain menyembuhkan luka, ternyata kandungan triterpenoid dalam daun pegagan juga dapat mengurangi kecemasan.

Salah satu studi yang dilakukan terhadap manusia menemukan, orang yang menggunkana daun pegagan cenderung tidak dikejutkan oleh suara baru, daripada yang menggunakan plasebo.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved