Breaking News:

Berita Tanjabtim

Pria di Tanjabtim Ini Sukses Usaha Bibit Pinang dan Sawit, Sediakan yang Berkualitas

Berita Tanjabtim-Begitu menjanjikannya hasil perkebunan pinang dan sawit, seorang pria di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sukses jadi pembibit

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
ABDULLAH USMAN/TRIBUNJAMBI.COM
Bibit pinang dan sawit di Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Begitu menjanjikannya hasil perkebunan pinang dan sawit, seorang pria di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sukses jadi pembibit sawit dan pinang. Selasa (11/1/2022)

Pembibitan pinang lokal super dan kelapa sawit yang berada di Dusun Keramas Kelurahan Parit Culum I Kecamatan Sabak Barat Tanjab Timur tersebut, sudah memiliki nama tersendiri di beberapa wilayah.

Sebut saja di kawasan Sumatera Selatan hingga Kota Medan. Kualitas dari bibit pinang super yang dihasilkan di lokasi pembibitan ini melalui hasil pemilihan dan sortiran pinang berkualitas sehingga menghasilkan bibit pinang yang terbaik.

Dikatakan pengelola atau pemilik pembibitan pinang lokal super dan sawit, Munte (41) mengatakan, dalam menciptakan sebuah bibit terbaik memang harus melalui beberapa proses yang ketat.

Mulai dari tahap pemilihan calon bibit, proses penyemaian, lama penyemaian, pemupukan hingga proses pemisahan sesuai jangka waktu yang maksimal untuk dilakukan penanaman.

"Dalam proses pembibitan ini ada Tiga Tahapan yang dilalui, pertama penyemaian lebih kurang sama 2 minggu, tahap selanjutnya pemisahan lebih kurang 2 bulan dan ke 3 setelah bibit memasuki usia 3-4 bulan berarti bibit sudah siap dilakukan penanaman," jelasnya.

Perubahan dan pembeda dari masing masing tahapan tadi dapat dilihat dari bentuk daun pada linang tersebut, semakin tinggi dan memecah janur berarti bibit tersebut siap tanam.

"Untuk bibit super lokal ini, sengaja diambil dari pinang pinang terbaik yang benar benar tua dan buah yang jatuh dengan sendirinya kualitasnya lebih bagus, sehingga hasilnya juga bisa maksimal," pungkasnya. (usn)

Baca juga: Mengais Pundi Rezeki dari Anjloknya Harga Jual Pinang di Tanjab Timur

Baca juga: Petani Pinang di Tanjabtim Waswas akan Harga Jual Pasca Nataru

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved