Breaking News:

Berita Batanghari

Dinkes Batanghari Sebut Tak Banyak Temukan Masalah untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Batanghari belum boleh melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, sebab belum memenuhi syarat yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
(Tribunjambi/A Musawira)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfi Yennie. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Kabupaten Batanghari belum boleh melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, sebab belum memenuhi syarat yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Walau begitu, berdasarkan data perkembangan vaksinasi Covid-19 per 23 Desember 2021 sampai dengan pukul 17.00 Wib.

Dari total 229.537 sasaran di daerah ini cakupan dosis pertama telah mencapai 70.11 persen atau telah disuntikan kepada 160.931 masyarakat.

Namun, sasaran lanjut usia (Lansia) sebanyak 21.700 orang, progresnya baru 57.30 persen untuk dosis pertama atau 10.060 warga lanjut usia (lansia).

“Kalau Batanghari sudah memenuhi syarat untuk vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun maka akan ditetapkan oleh Keputusan Mentri Kesehatan baru kita menyasar ke kelompok itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr Elfi Yennie pada Minggu (26/12/2021).

Sebelum ini dilakukan dr Elfi sebut akan mensinkronkan antara data yang ada dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan data yang ada dimasing-masing sekolah.

"Sebetulnya kita agak terbantu dengan kelompok usia ini, karena 6-11 tahun itu berarti usia SD, jadi kita targetkan saja seluruh SD dalam Kabupaten Batanghari," ujarnya.

Dalam mempercepat cakupan vaksinasi ini Dinas Kesehatan akan koordinasi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Kemenag dan Pondok Pesantren untuk berkerja sama.

Kerjasama ini sebagaimana yang telah dilakukan selama ini dengan semua satuan pendidikan.

"Kita ada grup, grup ini sebelumnya untuk persiapan pembelajaran tatap muka nanti juga untuk persiapan vaksinasi tingkat SD. Kita yakin, kalau memang sudah memenuhi syarat untuk memulai ini, akan cepat menaikan capaian vaksinasi kita,” ucapnya.

Berkenaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun bukan hal yang baru. Beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau BIAS.

Anak-anak SD sudah terbiasa dengan BIAS ini, Elfi yakin untuk vaksinasi Covid-19 tidak akan banyak masalah.

“Kita akan menyasar ke sekolah dan tidak perlu izin khusus dari orang tua. Karena ini program nasional yang sifatnya wajib, jadi selama ini kita lakukan pada anak SMP dan SMA itu juga tidak memerlukan izin khusus, yang jelas kita libatkan sekolah dengan UKS-nya dan Satgas Covid-19-nya,” pungkasnya.

Baca juga: 31 Ribu Siswa di Batanghari akan Disuntik Vaksin Covid-19 Usia 6-11 Tahun

Baca juga: Vaksinasi di Bungo Capai 70 Persen, Kapolres Apresiasi Media Massa

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Batanghari Hampir Tembus 70 Persen, Kelompok Ini Belum Disuntik

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved