Breaking News:

Introduksi Inovasi Pengolahan Susu Kambing Menjadi Es Krim oleh Tim PPM FaPet Unja

Kelompok Tani Gayub yang berada di Desa Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi memiliki peternakan kambing perah atau peranakan etawa

Editor: Rahimin
istimewa
Fakultas Peternakan Universitas Jambi melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) membantu peternak kambing perah di Kelompok Tani Gayub yang berada di Desa Pondok Meja. 

TRIBUNJAMBI.COM - Kelompok Tani Gayub yang berada di Desa Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi, selain penyadap karet ternyata memiliki peternakan kambing perah Peranakan Etawa.

Produksi susu yang terus meningkat yakni 1 lt/hari/ekor, tentunya menjadi potensi ekonomi bagi pendapatan peternak.

Fakultas Peternakan Universitas Jambi melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang diketuai Dr Ir Zulfa Elymaizar M.P. dan beranggotakan Dr Ir Raguati M.P, Dr Ir Endri Musnandar M.S, dan Metha Monica SPi M.P turun membantu para peternak kambing perah tersebut.

"Kalau hanya menjual susu kambing segar ketika ada pesanan saja tentu tidak memberikan nilai tambah, apalagi susu tak tahan lama,"ujar Zulfa.

Tim PPM Fapet Unja melatih para peternak kambing perah peranakan etawa untuk mengolah susu kambing menjadi es krim, mengingat peluang usaha ini sangat baik.

Zulfa menambahkan, es krim ini baik untuk kesehatan karena berasal dari susu kambing yang memiliki daya cerna, alkalinitas, kapasitas buffer yang lebih baik, dan nilai-nilai terapi tertentu dalam obat-obatan dan nutrisi manusia dibandingkan susu sapi.

Masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan peternak dalam penanganan dan pengolahan susu pascapanen, tim PPM melakukan introduksi pengetahuan dan inovasi pengolahan susu kambing menjadi es krim yang disukai semua kalangan melalui pelatihan dengan metode pendekatan praktek belajar dan berbuat.

Sehingga terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam pengolahan susu.

Kegiatan ini berjalan lancar yang diikuti oleh peternak kelompok tani Guyub, ibu-ibu anggota KWT Mawar Merah dan para remaja putri.

Hasil pantauan tim PPM beberapa waktu yang lalu, peserta sudah bisa membuat es krim dari susu kambing di rumah mereka masing-masing, dan sangat disukai oleh anggota keluarga karena setelah menjadi es krim tidak ada lagi aroma prengus susu kambing.

Baca juga: Tim Pengabdian Unja Terapkan Manajemen Pascapanen dan Pengolahan Susu Kambing Peranakan Etawah

Baca juga: Cara Merawat Kulit Anak Dengan Prooduk Berbahan Dasar Susu Kambing Murni

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved