Breaking News:

Advertorial

Tim Pengabdian Unja Terapkan Manajemen Pascapanen dan Pengolahan Susu Kambing Peranakan Etawah

Tim pengabdian melakukan kegiatan di Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu

Editor: Rahimin
Istimewa
Tim pengabdian melakukan kegiatan di Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu 

Tim Pengabdian Unja Terapkan Manajemen Pascapanen dan Pengolahan Susu Kambing Peranakan Etawah

TRIBUNJAMBI.COM – Guna mengimplementasikan Tridarma perguruan tinggi poin ketiga, yakni pengabdian kepada masyarakat, serta platform Unja SMART, Tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari Prof Dr Ir Adriani M.Si, Dr Ir Yurleni M.Si, Dr Ir Mairizal M.Si, serta mahasiswa turun ke masyarakat langsung.

Tim pengabdian melakukan kegiatan di Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi. Dengan fokus kegiatan penerapan manajemen pascapanen dan pengolahan air susu kambing peranakan etawah.

“Kegiatan ini merupakan transfer ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi ke masyarakat untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen pascapanen dan pengolahan susu kambing,” ujar Prof Adrian.

Sasaran pada kelompok tani Sumber Rezeki, karena populasi kambing peranakan etawah cukup banyak, pemerahan susu kambing, serta harga jual susu kisaran 60 ribu rupiah/liter.

Hal ini tentu membutuhkan bimbingan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok peternak, seperti manajemen pascapanen dan penanganan air susu, mulai proses persiapan perah, penanganan susu pasca pemerahan, penyimpanan air susu dan pengolahan air susu, hal ini penting diperhatikan karena susu termasuk produk mudah rusak jika tak ditangani dengan baik dan higienis.

Prof Adriani menambahkan, susu kambing salah satu sumber gizi yang baik bagi masyarakat pedesaan, memiliki nutrisi yang cukup banyak, terutama protein dan kalsium selain nutrisi lainnya.

“Selain penyuluhan, kita lakukan praktek pemerahan yang baik, penanganan susu pasca panen, pengolahan susu secara sederhana (susu pasteurisasi), sehingga kelompok tani memahami manajemen pasca panen susu kambing," ujarnya.

Tim pengabdian Unja, selain melakukan penyuluhan juga memberikan bantuan peralatan penunjang berupa kulkas untuk pendinginan dan penyimpanan air susu, peralatan pemerahan susu berupa ember milk can, strip cup, peralatan pasca panen dan pengolahan susu serta bahan pengolahan susu.(*)

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani Lepas Peserta KKN Kebangsaan UNJA di Tanjung Jabung Timur

Baca juga: Unja Adakan Kegiatan KKN Bersama Diikuti 45 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Pemerintah Siapkan Bantuan Sembako untuk 2 Minggu Pengetatan PPKM Level 4, Tapi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved