Breaking News:

Puluhan Desa di Batanghari Belum Cairkan Dana Desa, Ternyata Ini Sebabnya

Sebanyak 64 desa dari 100 desa reguler di Kabupaten Batanghari dilaporkan sampai saat ini belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap III.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Ony Rosiadi, Kepala Bidang Pemberdayaan Perencanaan Keuangan Aset Desa Dinas PMD Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Sebanyak 64 desa dari 100 desa reguler di Kabupaten Batanghari dilaporkan sampai saat ini belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap III.

Walau begitu, untuk pencairan DD tahap I dan tahap II, sudah tuntas dilakukan. 

Sedangkan untuk DD tahap III, masih ada yang melakukan pengajuan pencaiaran.

“Pencairan Dana Desa tahap III dari 110 desa, kita hanya targetkan untuk 100 desa. Karena 10 desa masuk dalam desa mandiri. Desa mandiri ini pencairannya hanya dua tahap dan mereka sudah selesai,” kata Ony Rosiadi, Kepala Bidang Pemberdayaan Perencanaan Keuangan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batanghari.

Dari 100 desa yang ditargetkan, pihak desa telah menerima dana transfer oleh KPPN ke rekening kas desa, ada 36 desa yang telah cair dengan total Rp 44.4 miliar.

“Desa lain belum bisa diajukan ke KPPN untuk tahap III ini karena persyaratannya ada yang belum terpenuhi. Pertama minimal realisasi keuangan dana desa itu minimal 90 persen dan capaiannya 75 persen,” katanya.

Baca juga: Pemkab Batanghari Kukuhkan PPPL: Sudah Hasilkan 17 Karya Tulis Dari September 2021

Baca juga: Dekat Kantor Bupati Bungo, Keluarga Ini 7 Tahun Tinggal di Gubuk Reot Tanpa Listrik

Sebetulnya ada beberapa desa di Batanghari belum mencapai angka realisasi keuangan 90 persen. Selambat lambatnya kata dia awal Desember ini akan melakukan pengajuan atas kekurangan dari 100 desa tersebut untuk diajukan ke KPPN.

“Tahun ini total dana desa secara keseluruhan sebesar Rp 101 miliar. Sampai ke tahap tiga ini KPPN telah menyalurkan Rp 93 miliar artinya masih ada Rp 8 miliar yang akan kita ajukan ke KPPN,” ujarnya.

Ia menjelaskan selambat-lambatnya pencairan dana desa pada 20 Desember 2021.

Demikian informasi yang pihaknya terima namun diupayakan pada 10 Desember sudah selesai pengajuannya.

“Desa menyampaikan laporan ke PMD, lalu kita analisa kalau sudah memenuhi persyaratan akan kita perintahkan silahkan mengajukan,” pungkasnya.

Sumber: Motor Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved