Breaking News:

Berita Tanjabtim

Tanjabtim Targetkan Desember PBB Capai 85 Persen, Baru Dua Kecamatan Ini Sudah 100 Persen

Berita Batanghari-Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) optimis capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di bulan Desember 2021 mendatang

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
Shutterstock
Ilustrasi pajak 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) optimis capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di bulan Desember 2021 mendatang di angka 85 persen dari target sebesar Rp 2,7 Miliar, Rabu (16/11/21).

Kepala Badan Keuangan Daerah, Nusirwan melalui Kasi PBB, Suroto mengatakan, bahwa data sementara yang telah diinput per Oktober 2021 lalu, sudah tercatat sebesar Rp 1,7 Miliar yang sudah terealisasi atau 62 persen yang sudah tercapai.

"Kita optimis di Desember sudah 85 persen. Tahun lalu juga begitu sekitar di angka segitu capaian PBB kita di Tanjabtim," katanya.

Dijelaskan Suroto, untuk capaian realisasi PBB saat ini, dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjabtim, baru Dua kecamatan yang telah menyelesaikan 100 persen penagihan PBB, yakni Kecamatan Berbak dan Rantau Rasau.

"Jadi kecamatan yang belum menyelesaikan PBB, saat ini tengah berjalan. Kalau kecamatan tidak ada capaiannya yang 0 persen, tapi kalau per desa atau kelurahan ada yang masih 0 persen," jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan ketika melakukan penagihan atau saat petugas menyampaikan SPPT kepada masyarakat.

Salah satunya seperti pihak RT tidak menemukan siapa pemilik tanah atau lahan, sehingga pembayaran PBB tidak dapat dilakukan.

"Selain itu, pandemi Covid-19 juga menjadi kendala, karena perekonomian masyarakat yang belum stabil," ungkapnya.

Suroto menambahkan, bahwa pihaknya terus melakukan upaya untuk mencapai target hingga bulan Desember mendatang. Salah satunya melakukan rapat evaluasi, karena menurutnya, PBB ini salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanjabtim. (usn)

Baca juga: Operasi Zebra di Tanjabtim, Polisi Tilang Truk Bermuatan Melebihi Kapasitas

Baca juga: Inilah Tuntutan Puluhan Mahasiswa Orasi di Kejati Jambi, Kasus Dugaan Korupsi Pejabat KPU Tanjabtim

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved