Breaking News:

Berita Jambi

Fery Siswa Unggul Sakti Berhasil Raih Medali Emas KSN 2021 Bidang Kimia

Berita Jambi-Anak muda Jambi kembali toreh prestasi di kompetisi sains nasional. Dia adalah Feryan Riyue, siswa SMA Unggul Sakti

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/SUANG SITANGGANG
Fery Riyue siswa SMA Unggul Sakti peraih medali emas di ajang KSN 2021 bidang kimia, dan Diana Guru Kimia di SMA Unggul Sakti saat diwawancarai di Mojok Inspirasi Tribun Jambi (16/11/21). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Anak muda Jambi kembali toreh prestasi di kompetisi sains nasional. Dia adalah Feryan Riyue, siswa SMA Unggul Sakti yang meraih medali emas pada ajang Konpetisi Sains Nasional 2021 Bidang Kimia.

Fery, sapaan akrabnya, didampingi Diana Guru Kimia di SMA Unggul Sakti, membagikan kisahnya saat berjuang meraih medali emas.

Tentu tidak mudah dan butuh ketekunan bagi Fery untuk meraih prestasi. Untuk membawa pulang medali emas Fery benar-benar harus konsisten dan serius berlatih setiap harinya, bahkan disaat hari libur dia juga berlatih dan mengorbankan waktu bermain.

"Dari tahun lalu (2020) persiapannya, KSN tahun 2020 lalu saya ikut yang tingkat nasional tapi saya tidak menang, setelah selesai lomba itu ya saya kecewa, beberapa hari saya gak ngapa-ngapain kemudian selanjutnya saya langsung belajar serius dengan cara mencari buku Kimia Dasar," kenangnya.

Sejak SMP Fery menyukai pelajaran IPA. Pada saat SMA dia mulai menyukai mata pelajaran kimia karena menurutnya pelajaran tersebut seimbang dan membuat dia nyaman.

"Kalau yang biologi ini cenderung hafalan dan saya kalau terlalu menghafal saya gak terlalu kuat, kemudian kalo fisika banyak perhitungannya saya juga gak kuat, jadi kalau kimia ini lebih di tengah-tengahnya jadi saya lebih nyaman," kata Fery.

Saat mengikuti KSN 2021 Fery berharap bisa menang tapi di satu sisi dia juga merasa pesimis, takut tidak dapat medali emas.

"Itu kayak fifty-fifty, saya berharap juga (menang) kemudian saya juga nggak mau mengecewakan diri saya takutnya nanti ya kalau nggak dapet, tapi emang dari awal target saya cuma medali emas, jadi saya antara kaget atau enggak gitu akhirnya menang," jelasnya.

Perjuangan Fery tidak terhenti sampai di sini saja. Kedepan setelah lulus SMA dia masih ingin mendalami teknik kimia dan bercita-cita untuk kuliah ke Jepang.

"Impian saya kuliah di Jepang, tapi kalo kuliah ke luar negeri ke negara barat juga gak masalah, tapi impian saya kuliah di Jepang," kata Fery.

Diana mengatakan saat bertemu Fery, dia telah memiliki dasar-dasar dalam memahami pelajaran kimia dan Diana hanya menambahkan bagian-bagian yang kosong.

Diana sendiri melihat Fery anak yang memiliki motivasi kuat sehingga dia sebagai guru bahagia.

"Saya hanya mengisi apa yang kosong dan menambahkan materi-materinya dan soal-soal latihan, dan anaknya sendiri memiliki motivasi yang tinggi jadi gurunya tinggal masukin aja soal-soal yang harus ditambahkan, juga Fery ini kalau dikasih langsung mengerjakan jadi kalau direspon dengan cepat kita jadi guru juga bahagia," ujarnya.

Diana mengatakan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak di SMA Unggul Sakti, guru-guru memantau anak-anak yang memiliki ketertarikan dan kemampuan di bidang tertentu dan membimbingnya, sesuai bakat dan minat anak.

"Jika anaknya bagus di bidang kimia jadi kalau kita ajak langsung mau, daripada anak yang emang bagus tapi tidak memiliki minat kan percuma, dan Fery menjadi motivasi untuk adik-adik kelasnya tidak hanya di bidang kimia tapi juga di bidang lainnya, bisa asal ada usaha yang keras dari anak dan juga gurunya dan sekolah juga mensupport," pungkasnya. (*)

Baca juga: Atlet Angkat Besi Berprestasi di PON XX Papua, Pabersi Tanjabbar Minta Dukungan Fasilitas

Baca juga: Siswa Siswi SMP Ahmad Dahlan Toreh Prestasi pada Ajang Olimpiade Sains Akbar Nasional

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved