Breaking News:

Editorial

Gara-gara Tercantol Pinjol, Saatnya Tertibkan Pinjaman Online Ilegal

Mudahnya mengakses pinjaman uang secara online cukup menggiurkan banyak masyarakat.  Mereka pun tercantol pinjaman online alias pinjol.

Editor: Deddy Rachmawan
Shutterstock
Ilustrasi pinjol 

Mudahnya mengakses pinjaman uang secara online cukup menggiurkan banyak masyarakat.  Mereka pun tercantol pinjaman online alias pinjol.

Proses pengajuan yang tanpa tatap muka, tanpa penilaian kelayakan sebagaimana lazimnya proses kredit, menjadi daya tarik. 

Khalayak tak ambil pusing, apakah lembaga penyalur kredit itu resmi atau tidak. Uang cair habis perkara. Bahkan, ada pula debitur yang nakal mencoba menghindari tagihan.

Terlepas dari sikap oknum debitur yang nakal, tapi kiranya legalitas dan aturan main financial technology (fintech) atau pinjaman online (pinjol) ini perlu ditertibkan termasuk disosialisasikan ke masyarakt umum.

Faktanya, banyak masyarkat terjerat bunga tinggi pinjol ilegal. Dan jumlah pinjol ini sangat fantastis.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam Lumban Tobing menyampaikan, hingga saat ini SWI telah menghentikan kegiatan 3.515 pinjol ilegal.  Sangat mungkin di antaranya adalah pemain yang sama hanya bersalin rupa dan nama.

Kita apresiasi, langkah kepolisian beberapa hari lalu yang menggerebek tempat para pekerja pinjaman online ilegal ini.

Tentunya langkah tak berhenti di situ. Karena yang tak kalah mengkhawatirkan adalah banyak pinjol ilegal itu servernya berada di luar negeri.

Baca juga: Antisipasi Pinjol, Polda Jambi akan Buat Satgas Khusus

Baca juga: Data Penjual Martabak di Jambi Dicuri, Rekening Dijebol dan Diteror Belasan Pinjaman Online

Bila kita sigi lebih dalam  sangat mungkin ada motif lain di luar pencarian keuntungan dari maraknya perusahaan pinjol) ilegal di Indonesia, yaitu indikasi pencucian uang, dari luar ke Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kepolisian perlu duduk bersama. Bersama dengan pinjol ilegal di sana juga hal lain, yaitu keamanan data pribadi para debiturnya.  (*)

Baca juga: Ini Ciri-ciri Pinjol Ilegal dan Cara Mengadukannya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved