Breaking News:

Berita Kota Jambi

Pembuatan SIM di Polresta Jambi Menurun Akibat Pandemi Covid-19

Kondisi pandemi yang sampai saat ini masih berlangsung, ternyata berdampak pada menurunnya jumlah kepengurusan SIM di Satlantas Polresta Jambi.

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ISTIMEWA/DOC. BW LUXURY
Seorang karyawan BW Luxury Jambi mendaftarkan diri untuk mengikuti test SIM C di Satlantas Polresta Kota Jambi, Jumat (21/5) lalu. Kegiatan bertajuk Safety Beyond Workspace merupakan bentuk partisipasi BW Luxury dalam menerapkan keamanan dan ketertiban lalu lintas. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kondisi pandemi yang sampai saat ini masih berlangsung, ternyata berdampak pada menurunnya jumlah kepengurusan surat izin mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Jambi.

Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Doni Wahyudi, melalui Kanit SIM, Ipda I Made Bagus Oka mengungkapkan, selama masa pandemi ini, dalam satu hari, pihaknya mencatat hanya ada pengurusan 60 berkas.

Berbeda dengan sebelum pandemi, dimana dalam satu hari pihaknya mampu mengurus hingga 100 berkas.

Bagus mengungkapkan, pembatasan jam operasional pengurusan SIM juga menjadi satu diantara faktor menurunnya pengurusan SIM di Polresta Jambi.

"Jam operasional selama pandemi pun kami batasi, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB," kata Bagus, Rabu (13/10/2021).

Selain itu, Bagus mengaku bahwa pihaknya juga mengurangi giat razia.

"Mungkin karena kami juga jarang razia, karena saat ini kami fokus pada giat simpatik dan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan," bilangnya.

Bagus mengungkapkan, proses pengurusan selama pandemi tidak jauh berbeda, hanya dengan mengambil formulir pembuatan SIM, melampirkan fotokopi KTP, surat kesehatan dan surat psikologi.

Setelah itu pembuat SIM akan mendapatkan nomor registrasi untuk mengikuti psikotes dan tes praktek.

"Pembayaran pembuatan SIM dilakukan di bank terdekat. Kalau lulus keseluruhan SIM akan kami langsung keluarkan. Tujuan psikotes dan praktek agar masyarakat tahu berkendara baik dan benar. Kalau mau daftar online juga bisa," urainya.

Menghindari calo dalam pembuatan SIM di Satlantas Polresta jambi, pihaknya telah menyiapkan petugas jaga di bagian informasi.

Masyarakat dipersilahkan untuk mendatangi petugas informasi apabila kurang mengetahui prosedur pembuatan SIM.

"Calo dalam pembuatan SIM kan sudah jelas dilarang sesuai atensi pak kapolres," tandasnya.

Baca juga: Tim Serigala Kota Polresta Jambi Amankan Tiga Pemuda di Jalan Haji Kamil dan Sejumlah Sajam

Baca juga: Nakes Polresta Jambi Ini Mengaku Deg-degan Saat Suntik Vaksin Pasien ODGJ

Baca juga: Satreskrim Polresta Jambi Ringkus Anggota Geng Motor, Dua Orang Terbukti Miliki Sajam

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved