Breaking News:

Saniatul Lativa Edukasi Pemanfaatan Obat Herbal Buat Meningkatkan Imun Saat Pandemi Covid-19

Obat herbal bisa juga digunakan untuk meningkatkan imun manusia. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini.

Penulis: Rahimin | Editor: Rahimin

TRIBUNJAMBI.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Saniatul Lativa memberikan sosialisasi pemanfaatan obat herbal untuk meningkatkan imun di masa pandemi Covid-19.

Sosialisasi dilakukandi Desa Koto Tuo Ujung Pasir Kecamatan Tanah Cogok, Kerinci.

Sosialisasi ini bekerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi.

Saat ini, sebagian masyarakat Indonesia mempercayai dengan mengonsumsi ramuan obat tradisional merupakan tradisi atau bagian dari budaya sebagai upaya pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan.

Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang banyak informasi yang beredar di masyarakat melalui media sosial terkait khasiat macam-macam obat herbal yang dapat menyembuhkan Covid-19.

“Satu upaya mencegah paparan Covid-19 adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Upaya itu dapat ditempuh dengan menggunakan obat bahan alam yang khasiat dan keamanannya terbukti secara ilmiah. Masyarakat bisa memanfaatkan jahe, kunyit, daun pegagan dan lain sebagainya untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Sanitatul Lativa anggota DPR dapil Jambi, Sabtu (4/9/2021).

Legislator dari Partai Golkar ini menekankan kepada masyarakat jangan terlalu mudah percaya terkait beredarnya berbagai macam obat yang bisa menyembuhkan Covid-19.

Sebab, sampai saat ini, belum ditemukan obat yang 100 persen dapat menyembuhkan Covid-19.

Saniatul Lativa menyarankan, masyarakat bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas, sehingga masyarakat terhindar dari Covid-19.

“Manfaat obat herbal sangat banyak. Masyarakat bisa meminum berbagai macam jamu tradisional dan bisa membuat sendiri dirumah dengan memanfaatkan rempah-rempah yang ada di dapur. Ini wujud ihtiar kita dalam menghadapi pandemi ini, sehingga ketika imun kita naik bakal terhindar dari Covid-19. Walau terpapar karena imun kita kuat nantinya hanya bergejala ringan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator  Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi  Balai Pom Jambi Marhamah mengingatkan masyarakat agar memilih produk obat tradisional yang sudah memiliki izin edar dari Badan POM.

Selain itu, memperhatikan informasi pada kemasan, antara lain aturan pakai, tanggal kedaluwarsa, peringatan atau kontraindikasi dan khasiat.

Masyarakat juga perlu memeriksa kondisi kemasan dan bentuk fisik produk dalam keadaan baik, serta berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar penggunaannya aman dan tepat.

Baca juga: Obat Herbal Mengatasi GERD, Perhatikan Kontra Indikasi Obat Asam Lambung!

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Menggunakan Obat Herbal Alami dari Teh Hijau

Baca juga: 6 Manfaat Talas Sebagai Obat Herbal Alami, Diantaranya Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sumber: Tribun Jambi
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved