Breaking News:

169 Narapidana Lapas KElas II B Muara Bulian Dapat Remisi HUT RI

Sebanyak 169 narapidana di Lapas Kelas II B Muara Bulian mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa hukuman saat peringatan HUT RI ke-76.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Edy Susetyo Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Bulian. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Sebanyak 169 narapidana di Lapas Kelas II B Muara Bulian mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa hukuman saat peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif.

Informasi ini disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Bulian, Edy Susetyo pada Selasa (17/8/2021).

Edy mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan ke Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sebanyak 169 orang untuk mendapatkan remisi pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun ini.

“Sudah kita usulkan ke Kemenkumham, hasilnya 165 narapidana menerima SK remisi umum,” katanya.

Sementara ada empat narapidana yang masih belum menerima SK kata Edy ada kendala konsolidasi dan jaringan internet disaat penginputan data.

“Secepat mungkin kita tindaklanjutin,” ujarnya.

Ia merinci narapidana atau napi yang mendapatkan remisi itu terdiri dari 54 orang pidana khusus dan 111 orang pidana umum.

“Mereka dapat penguruangan satu bulan hingga enam bulan ke depan. Pada tahun ini tidak ada remisi bebas jadi hanya remisi umum,” ungkapnya.

Baca juga: 97 Napi Rutan Sungai Penuh Dapat Remisi Saat HUT RI ke-76

Baca juga: Alat Tes Antigen Dijual Bebas di Online, Ini Dampak Buruk Bila Tes Dilakukan Sendiri

Baca juga: Kabur dari Polsek Babeko, Pelarian Andre Setiawan Berakhir di Sini

Kalapas menjelaskan syarat administratif yakni narapidana yang bersangkutan sudah divonis, atau mendapat kekuatan hukum tetap, serta sudah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan masa pidana untuk kasus pidana umum.

Diketahui saat ini jumlah penghuni Lapas Klas IIB Muara Bulian berjumlah 293 narapidana. Rincianya 225 orang merupakan narapidana dan 68 orang merupakan tahanan.

“Mudah-mudahan dengan pemberian remisi ini, warga binaan bisa berbaur dengan masyarakat dilingkungannya. Diharapkan tidak kembali mengulangin pelanggaran hukum sehingga dengan program ini warga binaan yang kita bina dinilai berhasil,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved