Breaking News:

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Tanjabbar akan Siapkan Alat Tes PCR

Kabupaten Tanjab Barat dalam waktu dekat akan memiliki alat uji tes kit berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat diagnosa Covid-19.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL- Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam waktu dekat akan memiliki alat uji tes kit berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat diagnosa pasien Covid-19.

Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat mengatakan, langkah ini diambil oleh Pemkab Tanjabbar mengingat kondisi pandemi yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Tanjabbar.

Kasus kematian akibat Covid-19 di Tanjabbar juga semakin meningkat.

"Selama ini kita harus bawa ke Jambi untuk dicek apakah positif Covid-19 atau tidak dan ini membutuhkan waktu karena mungkin banyak juga yang di cek. Nah kita berupaya untuk mengetahui hasil cepat dari sampel pasien tadi dengan kita rencanakan untuk membeli sendiri alat PCR itu," sebut Bupati. 

Lebih lanjut disampaikan oleh Bupati bahwa terkait dengan anggaran untuk pembelian alat PCR tersebut diakuinya telah dianggarkan. Saat ini pihaknya lagi mengkaji kelayakan dari ruangan yang nantinya sebagai tempat alat PCR tersebut. 

"Ini tinggal lagi mengkaji ruangannya. Karena tidak semua ruangan itu bisa di pakai PCR, karena harus di tempat khusus dan steril. Pembelian PCR ini menjadi prioritas kita dan ini yang kita utamakan, karena kita ketahui bahwa masyarakat Tanjabbar sendiri saat ini masih ada 300 orang yang menunggu hasil PCT di Jambi," ungkapnya.

Disisi lain, terkait dengan tempat dikatakan oleh Anwar Sadat bahwa pihaknya telah menyiapkan salah satu ruangan di RSUD Daud Arif sebagai tempat alat PCR. Namun, terkait dengan kepastian bisa tidaknya di gunakan, pihaknya masih mengkaji kelayakannya. 

"Untuk tempat itu rencana nya di RS Daud Arif. Tapi tadi masih tetap di kaji. Kita berharap adanya alat PCR ini bisa mempercepat upaya testing di daerah kita dan kita berharap semakin cepat tertesting dengan baik Tanjabbar bisa kembali zona hijau," pungkasnya.

Baca juga: KPK Periksa 11 Saksi Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi di Polda Jambi

Baca juga: Kadus Geragai: Kami Sudah Merasakan Merdeka Hanya Keadilan Sosial yang Belum Kami Rasakan

Baca juga: RSUD Daud Arif dan Sejumlah Puskesmas di Tanjabbar Hentikan Sementara Vaksinasi Covid-19, Kenapa?

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved