Breaking News:

Kadus Geragai: Kami Sudah Merasakan Merdeka Hanya Keadilan Sosial yang Belum Kami Rasakan

Terkait kondisi Dusun Geragai di Desa Lagan Ulu, Kecamatan Geragai, Tanjabtim hingga kini belum teraliri listrik.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/Abdullah Usman
Kondisi jalan di Dusun Gergai, Tanjabtim. 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Terkait kondisi Dusun Geragai di Desa Lagan Ulu, Kecamatan Geragai, Tanjabtim hingga kini belum teraliri listrik.

Namun, Kepala Dusun Lagan Ulu Toni, kepada tribunjambi.com mengaku setiap musrembang selalu usul agar listri bisa masuk Dusun Geragai.

Katanya, di Dusun geragai ini sendiri terdapat Tiga Rt diantarnya Rt 08, 19, dan Rt 18 terdiri dari 86 keluarga yang mendiami Dusun tersebut. 

"Bahkan kemarin kita warga Dusun Geragai ini sudah mengajukan proposal ke BPSDM Provinsi Jambi Terkait listrik Desa. Namun hingga sekarang memang belum ada realisasinya," ujar Kadus, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, dengan kondisi seperti saat ini kasihan sekali jika melihat anak anak yang bersekolah. Karena para siswa hanya belajar sebatas buku dan guru saja (teori) tidak bisa praktek langsung. 

"Terutama untuk pelajaran teknologi dan internet, selain fasilitas kurang mendukung juga faktor utama listrik dan jaringan disini tidak memadai. Jadi kasihan anak-anak yang bersekolah," ujarnya.

"Sementara di luar sana anak anak di jenjang yang sama sudah belajar soal internet, sementara kami disini masih tertinggal, " tambahnya.

Lanjut Kadus, tidak hanya persoalan aliran listrik dan jalan saja. Persoalan fasilitas umum layanan kesehatan juga terbilang sedikit di Dusun tersebut. Tidak ada Pustu hanya posyandu saja yang ada di Dusun mereka. 

"Kalo mau berobat kita harus keluar dulu dan keliling, sukur sukur tidak hujan karena kalo hujan jalan lumpuh. Puskesmas yang terdekat yaitu di Kecamatan Lagan Ulu," tambahnya.

Baca juga: Tebo Zona Merah, Polisi Turun ke Jalan Bagikan Masker ke Warga yang Masih Bandel

Baca juga: RSUD Daud Arif dan Sejumlah Puskesmas di Tanjabbar Hentikan Sementara Vaksinasi Covid-19, Kenapa?

Baca juga: Puluhan Tahun Tidak Teraliri Listrik, Warga Geragai Minta Gubernur Jambi dan Bupati Buka Mata

Harapan warga, yang terpenting saat ini Dua poin tadi yakni soal jalan dan Listrik. Jika dua poin tadi sudah terpenuhi mudah mudahan persoalan yang lain dapat teratasi. 

Terutama jika listrik sudah masuk, tentu ibu ibu rumah tangga disini akan lebih kreatif lagi terutama untuk berkreasi. Mungkin dengan membuat kue ataupun membuat olahan lainya yang dapat menambah pundi uang mereka (penghasilan tambahan). 

"Kalo sekarang mereka masih sangat kesulitan, biro boro untuk menggunakan mikser dan lainnya. Untuk ngecas handphone aja masih kesusahan," tambahnya. 

"Di usia kemerdekaan ke 76 ini, kita kalo merdeka sudah merdeka hanya saja kemerdekaan secara pemeran belum kita rasakan. Termasuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang tertuang dalam silakan pancasila," pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved