Breaking News:

Berita Kota Jambi

Tempat Usaha di Kota Jambi Terjaring Pengawasan Satgas Covid, Beberapa Pelanggaran Masih Ditemukan

Sabtu (1/5/2021) malam tempat-tempat usaha di Kota Jambi diawasi langsung. Ada penemuan beberapa pelanggaran di lapangan.

istimewa
Sabtu (1/5/2021) malam tempat-tempat usaha di Kota Jambi diawasi langsung. Ada penemuan beberapa pelanggaran di lapangan. 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Mustari Affan, Kasat Pol PP Kota Jambi juga selaku Inspektur Satgas Covid-19 Kota Jambi mengatakan, beberapa pelanggaran masih dilakukan di lapangan.

Contohnya pada Sabtu (1/5/2021) malam tempat-tempat usaha di Kota Jambi diawasi langsung. Ada penemuan beberapa pelanggaran di lapangan.

Ia mengatakan, tempat-tempat usaha yang melanggar tidak ada yang dikenai teguran berupa lisan dan sosialisasi.

Sedangkan peringatan pertama ditemui sebanyak dua tempat. Penutupan sementara maupun sanksi denda administrasi yaitu sebnayak 5 lima tempat.

Bagi masyarakat yang tidak memakai masker, mendapatkan sanksi fisik push up yaitu 6 orang. Kemudian denda masker Rp50.000 ada satu orang. Barang yang diamankan sebanyak 36 buah kursi, dan 17 buah meja.

Selanjutnya, dilakukan pemanggilan terkait pelanggaran Prokes perizinan operasional usaha untuk di proses lebih lanjut di kantor Satpol PP Kota Jambi dengan mengenakan sanksi denda administrasi.

"Kerumunan massa dibubarkan. Selanjutnya selalu dilakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaku usaha untuk tetap mentaati aturan prokes yang berlaku di Pemerintah Kota Jambi," jelas Mustari, Minggu (02/05/2021).

"Ini merupakan bentuk Tim Pengawasan dan Penindakan PPKM terhadap unit usaha dan Masyarakat terhadap prokes penanganan Covid-19 dan kegiatan penegakan regulasi daerah di wilayah Kota Jambi," katanya.

Pengawasan tersebut pada Sabtu (01/05/2021) malam dilakukan sejumlah pihak. Personilnya terdiri atas Satpol PP Kota Jambi, Satpol PP Provinsi Jambi. Dishub Kota Jambi, Damkar Kota Jambi, Denpom, TNI dan Polri.

Pelaksanaan ini, kata dia, didasari beberapa hal. Mulai dari UU No 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020.

Penertiban ini dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam Pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Selanjutnya yaitu surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/5184/SJ tanggal 17 September 2020. Berisi tentang pembentukan satgas penanganan Covid-

Besok Pengumuman Kelulusan Siswa SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Harap Tidak Ada Konvoi

Warga Kerinci Keluhkan Sampah Menumpuk di Jalan Nasional Perbatasan Koto Iman dan Tanjung Tanah

12 Spesies Ikan di Sungai Batanghari Jambi Terancam, Berikut Ragam Jenisnya

19 di daerah.

Kemudian Instruksi Mendagri No 9 tahun 2021 ttg PPKM, Perda Kota Jambi Nomor 47 Tahun 2002 tentang Ketertiban Umum.

Hingga Perwal Kota Jambi Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Penanganan Covid-19, serta Instruksi Walikota Jambi Nomor 03 / INS/ III / HKU/ 2021 Tentang Pembatasan Pemberlakuan Operasional dan Kegiatan Pada Area Publik.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Penulis: Rara Khushshoh Azzahro
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved