Breaking News:

Sahabat Rasulullah

Sahabat Nabi, Mushab bin Umair dengan Tenang Menjelaskan Islam kepada Usaid ibn Hudhair yang Marah

Rasulullah saw  mengutus Mushab bin Umair ke Madinah, sehingga ini menahbiskan sahabat Nabi tersebut sebagai Duta Islam yang Pertama.

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
ABDEL GHANI BASHIR/AFP
Lakukan Sterilisasi Virus Corona, Arab Saudi Kosongkan Mataf Masjidil Haram Mekah 

Rasulullah saw  mengutus Mushab bin Umair ke Madinah, sehingga ini menahbiskan sahabat Nabi tersebut sebagai Duta Islam yang Pertama.

TRIBUNJAMBI.COM -  Rasulullah saw  mengutus Mushab bin Umair ke Madinah, sehingga ini menahbiskan sahabat Nabi tersebut sebagai Duta Islam yang Pertama.

Sejarah mencatat prestasi gemilang Mushab bin Umair selama di Madinah.

Mengutip buku Biografi 60 Sahabat Rasulullah karya Khalid Muhammad Khalid bahwa, setahun setelah Baiat Aqabah, Mushab bin Umair memimpin kaum muslimin di Madinah untuk menemui Nabi Muhammad.

“Delegasi ini terdiri dari 70 mukmin laki-laki dan perempuan. Mereka datang di bawah pimpinan guru dan utusan Nabi mereka; Mushab bin Umair.” Tulis Khalid Muhammad Khalid.

Mengenai kecerdasan sahabat Nabi bernama Mushab bin Umair ini dikisahkan pula saat ia mendakhwahkan Islam di sebuah mejelis.

Saat itu datang salah satu petinggi  suku Abdul Asyhal yakni Usaid ibn Hudhair.

Usaid datang sambil menampakkan kemarahan yang membara dan emosi yang meluap-luap, mereka pun merasa khawatir. Namun, Mushab tidak gentar sedikit pun.

Dengan sangat marah. Usaid berdiri di hadapan Mush'ab dan As ad ibn Zararah seraya berkata, "Untuk apakah kalian datang ke desa kami? Apakah kalian hendak membodohi orang-orang lemah dari kami? Pergilah dari desa kami jika kalian tidak ingin kehilangan nyawal

Bagaikan lautan yang tenang dan dalam, laksana cerah dan indahnya cahaya fajar, ketulusan hati Mush'ab al-Khair (Mushab bin Umair) mampu menggerakkan lidahnya untuk mengucapkan kata-kata yang baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved